Fantastito

Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 5)


Sedulur sekalian, artikel ini merupakan episode 5 yakni kelanjutan dari 4 episode sebelumnya yang membahas tentang apa saja sumber ide tulisan yang bisa dijadikan referensi oleh para blogger otomotif. Nah...di artikel sebelumnya Fantastito sudah memaparkan beberapa poin yang sering dijadikan ide tulisan oleh para blogger otomotif. Di antaranya adalah review produk baru, sponsor, serta narasumber rahasia. Untuk artikel kali ini akan Fantastito ulas poin berikutnya. Cekidot sedulur...

Copas mentah-mentah blog lain
Blogger otomotif semacam ini biasanya blogger newbie yang hanya ingin mendapatkan hasil secara instan. Cara kerjanya sudah pasti hanya menyalin mentah-mentah artikel blog otomotif lain. Biasanya yang menjadi targetnya adalah blog otomotif yang sudah terkenal seperti Iwan Banaran.

Tentu saja mendapatkan sumber berita dengan cara seperti ini jelas melanggar hukum, terutama dalam pelanggaran hak cipta. Contoh kasusnya seperti saat sebuah blog otomotif bernama "pertalite" yang baru muncul tiba-tiba membuat heboh jagat blog otomotif tanah air. Yang membuat heboh bukan karena prestasi yang positif melainkan karena blog tersebut copas mentah-mentah artikel dari blog Iwan Banaran. Parahnya, artikel yang dicopas bukan hanya satu-dua saja, melainkan sekitar 500 artikel milik blognya Iwan Banaran, weleh.

Prediksi, feeling, maupun intuisi blogger otomotif
Biasanya, seorang blogger otomotif yang sudah senior dan berpengalaman mempunyai kemampuan prediksi yang bagus akan informasi dunia otomotif. Kemampuan ini kemungkinan juga didukung oleh feeling dan intuisi dari blogger tersebut yang memang sudah terasah seiring dengan pengalamannya menjadi blogger otomotif.

Contoh kasusnya adalah kepiawaian Haji Taufik selaku juragan TMCBlog dalam menebak-nebak produk baru yang bersumber dari data TPT online yang didaftarkan ATPM di situs Kementerian Perindustrian RI. TPT online sendiri adalah media informasi resmi mengenai "Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor", dimana produk otomotif yang akan diproduksi sebelumnya harus didaftarkan lebih dulu di situs TPT online tersebut. Berbeda dengan mobil, hampir sebagian besar ATPM roda dua mendaftarkan produk barunya dengan menggunakan kode-kode tertentu yang sulit ditebak seperti apa jenis produk baru tersebut. Tujuannya jelas agar strategi pabrikan tidak mudah diendus oleh kompetitor.

Di sinilah kepiawaian seorang blogger diasah untuk memprediksi, menganalisa, dan menyimpulkan jenis dan tipe produk yang akan diproduksi tersebut. Dari analisa dan pengamatan yang didukung oleh intuisi yang mumpuni itulah seorang blogger otomotif bisa menyajikan sebuah artikel yang hot dan menarik untuk disimak oleh para pembaca yang memang meinginkan sebuah informasi terbaru.  

Polling/survey pembaca 
Seorang blogger otomotif bisa membuat artikel yang berkualitas berdasarkan hasil sebuah polling yang dibuat di blognya. Polling biasanya membahas tentang topik yang sedang hangat diperbincangkan. Tentunya hanya blogger ternama yang sudah punya banyak visitor yang bisa melakukannya. Kalau blogger kayak Fantastito rasanya sulit membuat polling semacam ini, lha wong visitornya wae baru bisa dihitung dengan jari (setidaknya untuk saat ini).

Namun bisa saja blogger newbie membuat artikel berdasarkan hasil polling dari blog lain, tentunya dengan pola pemikiran dan gaya bahasanya sendiri, sehingga nantinya akan menghasilkan artikel berbeda yang berkualitas, namun aman dari label copas.

Contoh dari kasus ini adalah ketika blogger Iwan Banaran membuat polling di blognya beberapa waktu yang lalu. Yang menjadi bahan polling adalah ketika YIMM waktu itu akan merilis sebuah produk street fighter. Sebelumnya santer beredar kabar bahwa produk tersebut akan diberi nama MT-15. Namun yang diprediksi kuat sebagai nama produk baru tersebut malah mengarah ke nama "Xabre 150". Karena ingin mengetahui respon pembaca, maka akhirnya blog tersebut pun membuat polling tentang nama yang lebih disukai untuk produk baru Yamaha tersebut.

Nah dari hasil survey inilah seorang blogger bisa membuat artikel yang original dan berkualitas tentang apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Tentunya artikel yang dibuat berdasarkan hasil polling ini sangat bermanfaat bagi para pembaca. Yah walaupun pada akhirnya setelah rilis YIMM tetap keukeuh melabeli produk barunya tersebut dengan nama Xabre, tapi setidaknya polling tersebut sudah memberikan gambaran seperti apa keinginan konsumen.

Nah itulah beberapa hal yang sering dijadikan ide tulisan oleh para blogger otomotif. Tenang sedulur, masih ada satu episode lagi sumber ide tulisan para blogger otomotif yang belum dibahas, dan akan Fantastito kupas tuntas di artikel selanjutnya. (Fantastito)

Bersambung ke part 6

0 Response to "Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 5)"