Fantastito

Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 4)


Sedulur sekalian, artikel ini merupakan episode 4, yakni kelanjutan dari 3 episode sebelumnya yang membahas tentang apa saja sumber ide tulisan yang bisa dijadikan referensi oleh para blogger otomotif. Nah...di artikel sebelumnya Fantastito sudah memaparkan beberapa poin yang sering dijadikan ide tulisan oleh para blogger otomotif, di antaranya sumber yang berasal dari jurnalis otomotif asing, email dari para pembaca atau bisa juga disebut citizen journalism, serta profesi blogger otomotif yang bersangkutan. Untuk artikel kali ini akan Fantastito bahas sumber ide tulisan berikutnya yang juga sering dijadikan referensi para blogger otomotif.

Review produk baru
Yang namanya blogger otomotif pastinya pernah membuat artikel yang sumbernya dari review produk baru yang dilakukan sendiri oleh blogger yang bersangkutan. Yang Fantastito maksud dengan review produk baru di sini adalah blogger melihat, mengamati, menganalisa dan mencoba secara langsung dari produk tersebut sehingga dia bisa mengetahui kelebihan dan kelemahannya, bukan hanya membuat ulasan dengan melihat dari gambar yang sumbernya dari Google.

Untuk blogger otomotif yang sering mereview produk baru ini biasanya adalah blogger ternama yang sering mendapat undangan dari ATPM saat meluncurkan produk barunya. Sebetulnya blogger otomotif newbie juga bisa melakukan review produk baru, asal ada unit pinjaman yang tersedia untuk direview. Tentunya unit baru bukan pinjaman dari ATPM, melainkan unit pribadi milik orang lain yang kebetulan baru memboyong produk baru tersebut. Tapi sudah jelas, agar bisa mendapat pinjaman produk baru untuk keperluan review, seorang blogger harus punya kredibilitas yang bagus, agar si peminjam unit lebih percaya.

Sponsor
Terkadang seorang blogger otomotif sering membuat artikel titipan dari sponsor, yang membahas produk dari sponsor tersebut. Tentu saja hal ini menurut Fantastito sah-sah saja, selama artikel tersebut masih memuat informasi positif yang berguna untuk pembaca dan tidak merugikan pihak lain. Tentu saja hanya blogger ternama yang bisa mendapat sponsor semacam ini.

Biasanya sponsor tersebut berasal dari perusahaan yang sudah memasang iklan di blog tersebut. Sebagai contoh blog otomotif A sudah sudah bekerja sama dengan dealer B berupa pemasangan banner iklan dealer B di blog otomotif A. Kemudian untuk memantapkan kerja sama, dealer B mensponsori blogger otomotif A agar membuat satu artikel khusus yang membahas produk dari dealer B. Sistemnya pun bisa bermacam-macam, tidak persis seperti yang Fantastito jelaskan tadi. Yo wes lah koq malah jadi bahas sponsor ya..??

Narasumber rahasia
Naaah... ini dia salah satu senjata rahasia alias kartu as yang hanya dimiliki oleh blogger otomotif papan atas semacam Iwan Banaran serta Haji Taufik. Info yang berasal dari narasumber rahasia ini sebagian besar terbilang cukup akurat. Biasanya info ini membahas berupa bocoran kode pada "printilan" komponen / part produk yang bahkan produk itu sendiri baru akan lahir beberapa tahun kemudian..!! ckckck. Jadi jangan heran kalau blogger-blogger tersebut bisa memprediksi dengan tepat beberapa produk yang akan dirilis oleh ATPM walaupun waktunya masih beberapa tahun mendatang, luar biasa.

Sampai sekarang pun Fantastito kurang begitu mengerti siapa sebenarnya sosok di balik  narasumber rahasia ini, di mana orangnya, dari pihak mana, atau bagaimana blogger tersebut bisa mempunyai relasi dengan narasumber tersebut, semua masih menjadi pertanyaan buat Fantastito. Tapi kalo Fantastito boleh menduga-duga sih kemungkinan narasumber tersebut adalah orang dalam dari vendor komponen dari produk yang bersangkutan, atau mungkin juga seseorang yang punya relasi kuat dengan vendor yang terlibat dengan seetiap proyek new product ATPM. Mungkin di sini sedulur sekalian ada yang udah tahu..??

Nah itulah beberapa hal yang sering dijadikan ide tulisan oleh para blogger otomotif. Tenang sedulur, masih banyak sumber ide tulisan para blogger otomotif yang belum dibahas, dan akan Fantastito kupas tuntas di artikel-artikel series ini selanjutnya. (Fantastito)

Bersambung ke part 5

0 Response to "Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 4)"