Sedulur sekalian... nampaknya tak sia-sia selama ini kita menunggu begitu lama akan kehadiran sosok all new Honda CBR250RR. Sukses diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia, CBR250RR mendapat rombakan drastis baik dari desain, fitur, teknologi, maupun performa mesin. Kali ini sang kuda besi dibekali sederet teknologi canggih yang menjadi first mover di kelasnya. Dari segi desain pun CBR250RR ini asli out of the box sedulur... melompat jauh dari ciri khas Honda yang selama ini cenderung kalem dan elegan. Desain memang relatif, namun jika harus menilai maka bisa dibilang rupa fisik CBR250RR ini jauh lebih futuristik dibanding Ninja 250 maupun R25. Meski belum melihat CBR250RR secara langsung, jujur Fantastito menganggap desainer Honda telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Nah sekarang pertinyiinnyi... opo wae sih keistimewaan sing ono neng all new CBR250RR ini...??
Desain
Honda menegaskan bahwa CBR250RR mengusung tema 'Speed Shape' yang menghadirkan tampilan desain agresif - futuristik penuh dengan sudut dan gores tajam. Sampeyan bisa melihat sendiri betapa garangnya rupa sang kuda besi mulai dari headlamp depan hingga ujung rear fender yang menggantung di buritan. Semua mencerminkan totalitas desainer Honda dalam meracik new product. Bahkan Honda mengklaim CBR250RR ini mampu memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan ketika motor ini belum dikendarai. Ibarat kata kayak wong lagi kasmaran rek.. mung disawang langsung bisa bikin ati bungah... wakakakak
Frame
CBR250RR menggunakan frame terbaru dengan struktur pipa baja yang menghadirkan jaminan kekuatan dan kelenturan. Menurut Honda, frame ini turut mendukung dalam meningkatkan output performa yang dihasilkan serta menjanjikan kestabilan maupun handling maksimal bagi pengendara. Sektor suspensi depan tampil lebih ciamik karena sudah menganut model inverted fork berukuran 37 mm atau yang lebih populer disebut upside down hasil racikan dari Showa. Di sini CBR250RR jelas menjadi first mover di antaranya para rival sekelasnya saat ini. Menurut Honda, pemilihan suspensi tipe ini ditujukan untuk mengurangi bobot unsprung serta menghadirkan traksi sempurna.....
Sementara itu di sektor kaki belakang, tak lupa pula Honda membekali lengan ayun tipe gull-arm yang terbuat dari alumunium melalui proses "Gravity Dies Casting" (GDC). Metode ini diklaim Honda menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi sehingga menjadikan CBR250RR tetap optimal saat diajak bermanuver ekstrim. Semua makin lengkap dengan dukungan suspensi Pro-Link unggulan Honda sebagai penghubung antara swing arm dan main frame. Isitmewanya, monoshock Pro-Link ini bisa diseting hingga 5 tingkat kekerasan. Manteep...
Sementara itu di sektor kaki belakang, tak lupa pula Honda membekali lengan ayun tipe gull-arm yang terbuat dari alumunium melalui proses "Gravity Dies Casting" (GDC). Metode ini diklaim Honda menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi sehingga menjadikan CBR250RR tetap optimal saat diajak bermanuver ekstrim. Semua makin lengkap dengan dukungan suspensi Pro-Link unggulan Honda sebagai penghubung antara swing arm dan main frame. Isitmewanya, monoshock Pro-Link ini bisa diseting hingga 5 tingkat kekerasan. Manteep...
Mesin
Kali ini Honda berusaha menciptakan mesin DOHC twin-cylinder yang lebih bertenaga namun dengan versi yang lebih compact kang bro. Untuk itu...berbagai teknologi dan metode pengaturan ulang penempatan komponen mesin dilakukan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, memindah oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di prototipe Honda RC213V. Alhasil...metode tersebut sukses menjadikan dimensi mesin 2 silinder terbaru ini lebih ringkas dan hampir menyamai mesin 1 silinder dengan kapasitas yang sama. Jozz.. dua jempol buat insinyur Honda....
Bagian penting lainnya adalah layout power unit yakni downdraft air intake. Air cleaner yang biasanya berada di belakang silinder kini dipindahkan ke atas silinder. Resistensi asupan udara juga telah berkurang sehingga memberikan hasil yang optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini sangat berpengaruh pada pembentukan output power yang berkarakter. Kemudian..dengan perpaduan mesin powerful yang dirancang dan didesain lebih compact ini, penyebaran bobot motor diharapkan bisa lebih optimal. Selain itu para engineer Honda juga mengupayakan agar mesin mempunyai muntahan tenaga yang lebih berkarakter guna memastikan pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver serta memegang kendali penuh atau "Total Control" sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi.
Kali ini Honda berusaha menciptakan mesin DOHC twin-cylinder yang lebih bertenaga namun dengan versi yang lebih compact kang bro. Untuk itu...berbagai teknologi dan metode pengaturan ulang penempatan komponen mesin dilakukan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, memindah oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di prototipe Honda RC213V. Alhasil...metode tersebut sukses menjadikan dimensi mesin 2 silinder terbaru ini lebih ringkas dan hampir menyamai mesin 1 silinder dengan kapasitas yang sama. Jozz.. dua jempol buat insinyur Honda....
Bagian penting lainnya adalah layout power unit yakni downdraft air intake. Air cleaner yang biasanya berada di belakang silinder kini dipindahkan ke atas silinder. Resistensi asupan udara juga telah berkurang sehingga memberikan hasil yang optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini sangat berpengaruh pada pembentukan output power yang berkarakter. Kemudian..dengan perpaduan mesin powerful yang dirancang dan didesain lebih compact ini, penyebaran bobot motor diharapkan bisa lebih optimal. Selain itu para engineer Honda juga mengupayakan agar mesin mempunyai muntahan tenaga yang lebih berkarakter guna memastikan pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver serta memegang kendali penuh atau "Total Control" sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi.
Sistem Elektronik
Naaah ini dia sedulur... yang paling ditunggu-tunggu dari all new CBR250RR. Honda benar-benar membuat gebrakan fenomenal di kelas sport seperempat liter dengan mengimplementasikan teknologi throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW. Honda menyebutkan sistem ini ditujukan untuk mengoptimalkan handling bagi pengendara. Yang membanggakan...CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan teknologi canggih ini. Bahkan fitur ini pun belum diaplikasikan pada moge sekelas CBR500R. Salah satu benefit positif penggunaan teknologi ini adalah akselerasi mesin yang lebih halus, stabil, dan tentunya presisi...
Menggunakan Accelerator Position Sensor (APS) sebagai pengganti kabel sling konvensional, perangkat ini akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan respon berupa signal elektrik ke ECU. Tidak hanya itu sedulur.... Untuk memaksimalkan fungsi dari throttle-by-wire, CBR250RR ini juga telah dilengkapi dengan dukungan riding mode selector yang terdiri dari 3 pilihan mode berkendara yaitu "Comfort", "Sport", dan "Sport+". Masing-masing mode ini akan menyesuaikan dan merekayasa muntahan power dan torsi mesin berdasarkan dengan mode berkendara mana yang dipilih. Edaaan canggih pooorr...!!
Fitur Unik
Bukan hanya throttle-by-wire dengan Accelerator Position Sensor (APS) dan riding mode selector, sederet fitur unik lainnya pun turut hadir di CBR250RR. Salah satunya adalah panel speedometer full digital yang dipenuhi indikator sangat lengkap sedulur. Sampeyan bisa bayangkan... informasi yang disajikan semuanya ada, super komplit...!! Mulai dari tachometer up to 16.000 rpm dengan limiter 14.000 rpm, gear position, trip meter A dan B, indikator riding mode, konsumsi rata-rata bbm, indikator jumlah bbm, shifting light, indikator suhu mesin, oli, injeksi, dan indikator ABS ( untuk versi ABS ). Paling canggih adalah hadirnya fitur lap timer. Fitur ini sangat berguna bagi sampeyan yang doyan ngebut dan hobi balapan. Tapi inget.. ngebut dan balapannya di sirkuit lho ya, bukan di jalan raya....
Beralih ke area stang sedulur.... Di sebelah kanan Honda menyematkan konsep smart starter yang sebelumnya juga sudah hadir di Yamaha Xabre. Disebut fitur smart karena menempatkan fungsi starter mesin dan engine kill switch sekaligus dalam satu kontrol button saja. Jadi sampeyan bisa menghidupkan dan mematikan mesin motor cukup dengan Smart Starter ini. Gimana di stang kiri...?? Konsep smart button juga disematkan pada tombol pengontrol sorotan lampu depan. Di sini kita bisa mengontrol posisi lampu jauh, lampu dekat, sekaligus pass beam (lampu tembak) cukup dengan mengoperasikan satu tombol saja. Beeeeh... asliii fiturnya koq super lengkap beneeer yaa...
Jika mengamati gambar-gambar CBR250RR yang sudah beredar, sampeyan pasti bingung mencari dimana letak lampu sein depan. Yuup... karena di CBR250RR edisi terbaru ini Honda memang meniadakan winker lampu sein. Lhaa teruss lampu sein iki neng endi...?? Pindah ke lampu depan mas broo..!! Jadi alis lampu yang ada di atas headlamp utama ini selain sebagai DRL, ternyata juga berfungsi sebagai lampu sein. Ketika motor dihidupkan dalam kondisi normal, alis lampu ini akan menyala putih sebagaimana lampu DRL. Tapi begitu sampeyan tekan tombol sein, maka otomatis lampu alis ini bakal nyala secara berkedip dengan warna orange layaknya lampu sein pada umumnya.... unik dan futuristis...!!
Tipe dan Pilihan Warna
PT. Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah mempersiapkan all new Honda CBR250RR dalam 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic. Sayang untuk harga belum ada kepastian banderol fix. AHM hanya berani memberikan ancer-ancer harga di kisaran 63-74 jutaan. Rinciannya, range harga 63-68 jutaan untuk tipe standar dan range harga 69-73 jutaan untuk tipe ABS. Sebuah banderol yang menurut Fantastito cukup "worth it" mengingat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan begitu komplit...
Rasanya tidak berlebihan jika all new Honda CBR250RR disematkan slogan "Every Detail Matters". Menurut Fantastito... bagian tim engineering maupun desainer Honda seperti tidak mau memberi kompromi sedikitpun dalam meracik sang kuda besi. Hal ini tercermin dari desain keseluruhan yang agresif - futuristik, seabrek teknologi canggih yang pertama ada di kelasnya, plus dukungan performa mesin superior, semuanya hadir dalam satu paket lengkap di generasi terbaru sport fairing Honda ini. Ibarat kata, CBR250RR seperti layaknya sebuah superbike yang dikecilkan. Jelas ini menjadi sinyal bahaya bagi para kompetitor, terutama untuk Kawasaki dan Yamaha. Dan satu kalimat terakhir untuk all new Honda CBR250RR.... Expect the Unexpected....!! (Fantastito)
Keren ya..
ReplyDeleteMantep bgt fitur2 nya..
hehe.. Iya emang keren mbak sist... terima kasih sudah mampir..
DeleteKeren sekali desain dan fiturnya...
ReplyDeleteTerima kasih atas Informasinya