Fantastito

Mulai 2017 penggunaan winglet di MotoGP resmi dilarang..!! Waaah...


Sedulur sekalian...penggunaan winglet yang sebelumnya sering menjadi kontroversi maupun pro-kontra, akhirnya benar-benar dilarang. Yaa.. mulai tahun depan yakni musim MotoGP 2017 mendatang, DORNA bersama Grand Prix Commission resmi melarang penggunaan perangkat winglet di seluruh motor peserta MotoGP. Konfirmasi ini disampaikan langsung oleh Komisi Grand Prix melalui pengumumannya di laman resmi MotoGP

Keputusan ini sendiri berdasarkan hasil rapat pertemuan Grand Prix Commission yang diadakan pada Jumat tanggal 25 Juni di Assen, Belanda yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta selaku ketua DORNA, Javier Alonso (DORNA), Ignacio Verneda (CEO FIM), Herve Poncharal (IRTA), Mike Trimby (IRTA, Sekretaris pertemuan) serta Takanao Tsubouchi (MSMA). Selain membahas masalah pelarangan winglet, beberapa aturan teknis yang menyangkut keselamatan juga menjadi konsen utama pada pertemuan tersebut. 

Yang jelas winglet dianggap membahayakan jika terjadi benturan atau fatal crash. Selain itu banyak pembalap yang mengeluhkan  timbulnya turbelensi. Nah jika sudah begini... tentunya tim yang merasa paling dirugikan adalah Ducati sedulur. Bukannya apa-apa...pasalnya, sejak dimulainya musim 2015 yang lalu, merekalah yang paling awal serius melakukan riset pengembangan winglet pada motor Desmosedici. Mesin Desmo yang terkenal bertenaga liar dan susah dikendalikan disinyalir menjadi motivasi terbesar Ducati untuk meracik winglet.  

Berdasarkan eksperimen Ducati, praktek penggunaan winglet ini bertujuan untuk menambah downforce alias gaya tekan ke bawah saat motor digeber pada kecepatan tinggi. Selain itu dengan menambah downforce, maka ban depan akan mendapat grip ekstra dan mencegah terjadinya wheelie (ban ngangkat sendiri) saat motor berakselerasi setelah keluar dari tikungan. Efeknya, handling motor jadi semakin mantap sehingga pembalap lebih percaya diri saat melibas tikungan. Salah satu benefit terbesar bagi Ducati adalah mereka tidak perlu mengibiri power Desmosedici, karena dengan winglet maka setidaknya motor bisa diajak kompromi.

Pada awalnya, pengaplikasian winglet ini memang menimbulkan pro-kontra. Honda bahkan terang-terangan meminta agar winglet dilarang. Dari beberapa race semenjak Ducati mempopulerkannya, memang ada potensi winglet menyebabkan bahaya bagi rider lain. Namun seiring berjalannya waktu winglet inipun makin populer. Lucunya, setelah Yamaha meniru langkah Ducati, Honda pun akhirnya ikut-ikutan memakai winglet, termasuk Suzuki dan Aprilia. Honda yang mengalami kesulitan sejak diterapkannya aturan unified software malah justru merasakan manfaat positif dari winglet yang dipasang di RC213V mereka.

Nah sedulur...untuk saat ini, karena sudah kadung jalan, aplikasi winglet masih diizinkan hingga balapan musim 2016 ini berakhir. Dan selanjutnya...goodbye winglet... (Fantastito)

1 Response to "Mulai 2017 penggunaan winglet di MotoGP resmi dilarang..!! Waaah..."

  1. http://taipansport.blogspot.com/2017/07/taipanqq-mbappe-ke-arsenal-ini-kata.html

    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER

    ReplyDelete