Fantastito

Valentino Rossi putuskan tidak gunakan sasis baru..!!


Sedulur sekalian... Valentino Rossi tampil cukup baik pada sesi kedua latihan bebas MotoGP Assen hari Jumat kemarin setelah berhasil meraih posisi tercepat kedua di bawah rider Ducati Andrea Iannone. Pencapaian ini bisa dibilang cukup memuaskan. Pasalnya, di sesi latihan bebas pertama Rossi hanya mampu nongkrong di peringkat 7. Nah..di dua kali sesi latihan bebas tersebut, Rossi dan Lorenzo memang diketahui sedang mencoba sasis baru untuk M1.

Setelah menjajal sasis baru selama dua kali sesi latihan bebas, Vale akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan penggunaan sasis baru. Meskipun berhasil menjadi yang tercepat kedua di bawah Iannone, pencapaian itu nampaknya tidak merubah keputusan The Doctor untuk kembali beralih menggunakan sasis lama. Lha emangnya kenapa..?? Masalah kestabilan mas bro....

Yaa...salah satu alasan kenapa Vale kembali beralih ke current chassis adalah karena kestabilan Yamaha M1 pada area depan dengan sasis yang lama dinilai Vale jauh lebih baik. Sebelumnya, sasis baru ini sudah di uji coba pada sesi test pasca race Catalunya beberapa pekan lalu. Mengenai hal ini Rossi berujar... "Di Barcelona kami telah mencoba sasis yang baru, tapi aku tidak merasakan adanya peningkatan yang signifikan. Dan hari ini pun kita sudah mencoba membandingkan dan menguji antara sasis baru dan sasis lama di sirkuit yang berbeda (Assen). Hasilnya..?? saya memutuskan lebih memilih frame lama, karena saya merasa kestabilan bagian depan Yamaha M1 jauh lebih baik."

Mengenai perbedaan antara sasis lama dan sasis baru, Rossi sendiri mengaku tidak bisa menjelaskan lebih detail perbedaanya. "Saya tidak bisa menjelaskan lebih banyak lagi. Kami telah berusaha bekerja keras untuk meningkatkan feeling pada ban depan Michelin. Tapi pada intinya kami mendapatkan kesimpulan bahwa kami kurang grip di sektor depan. Dan akhirnya aku lebih menyukai menggunakan sasis yang sekarang karena lebih baik untuk ban depan. Selain itu handling juga saya rasakan lebih baik. Jadi mulai free practice 3 hingga race saya hanya akan memakai yang sasis lama." ujarnya via crash. Jadi permasalahannya adalah feeling pada ban depan yang kurang mantap sedulur...

Nah menarik tentunya... karena sasis baru yang ditawarkan ternyata masih belum bisa memberikan peningkatan signifikan pada Yamaha M1. Justru sasis lama malah memberikan kontribusi lebih baik di sektor grip ban depan. Yang jelas, meskipun permasalahan frame ini belum ditemukan solusinya namun dengan sasis lama ini Yamaha M1 bisa dibilang masih di level sedikit di atas RC213V. Terbukti dari race Catalunya beberapa pekan lalu Rossi mampu mengungguli Marc Marquez yang cukup bernafsu yang bahkan sudah geber hingga over limit.

Sampai sejauh ini Rossi masih cukup pede dengan penggunaan sasis lama. Apalagi di sesi latihan bebas kedua kemarin Rossi hanya kalah 0,004 detik dari Iannone, cuman seincriit sedulur.... Kondisi ini didukung fakta bahwa Rossi punya rekor cukup bagus di sirkuit Assen. So dengan keputusan Rossi menggunakan sasis lama, apakah performanya bakal tetap gemilang di sesi kualifikasi dan race nanti...? Kita tunggu saja sedulur...(Fantastito)

0 Response to "Valentino Rossi putuskan tidak gunakan sasis baru..!!"