Fantastito

Jack Miller juara MotoGP Assen 2016..!! Sempat red flag, banyak rider crash...kacau..!!


Sedulur sekalian... tidak hanya pada sesi kualifikasi, kondisi tricky akibat lintasan basah sehabis hujan kembali terjadi saat race Assen hari Ahad ini. Kali ini situasinya jauh lebih rumit..... Sebab di tengah jalan, balapan bahkan harus dihentikan sementara. Di lap ke-15 hujan yang mengguyur semakin deras mengurangi visibilitas rider. Dan karena race director sangat konsen mengutamakan keselamatan para pembalap, terpaksa red flag pun dikibarkan sedulur... 

Hal ini juga diperparah dengan banyaknya rider yang mengalami crash. Tercatat Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, Aleix Espargaro, Danilo Petrucci dan Yonny Hernandez, semua berguguran di tengah licinnya sirkuit. Namun yang mengejutkan justru Jack Miller sedulur... Memanfaatkan situasi, doi berhasil finish terdepan dan menjadi juara di Assen..!! Marc Marquez juga cukup beruntung karena tidak menjadi korban dari tricky-nya balapan. Marc berhasil finish kedua diikuti Scott Redding ketiga...

Di sini yang memprihatinkan adalah Lorenzo sedulur.  Baik sebelum red flag maupun setelah balapan dimulai kembali, penampilan Jorge kali ini cukup mengecewakan. Jangankan bersaing di barisan depan, mempertahankan posisinya saja doi kepayahan. Beruntung...karena banyaknya rider yang crash, Jorge masih bisa mengamankan 6 poin dengan finish ke-10.  

Awal jalannya balapan bisa dibilang cukup menarik sedulur. Meskipun lintasan masih basah, barisan rider Ducati justru menunjukan kecemerlangannya. Rossi yang memulai balapan dari posisi ke-2 berhasil start ciamik. Doi langsung nyodok ke posisi terdepan, diikuti Dovi, Vinales, serta Marc Marquez. Baru satu putaran balapan berjalan, di sinilah barisan rider Ducati menunjukkan tajinya. Yonny Hernandez melakukan manuver gemilang dengan overtake Vinales dan Marc dalam waktu berdekatan yang disusul dengan aksi overtake Marc pada Vinales. Manuver Yonny tidak cukup sampai di situ. Seakan belum puas, doi kembali memburu dua rider terdepan. Hasilnya, di lap 3 secara beruntun dia berhasil menyalip Dovi dan Rossi untuk memimpin jalannya balapan, diikuti Rossi, Dovi, Marc, serta Vinales....

Seakan tak mau kalah, pasukan Ducati yang lain pun mencoba menambah dominasi. Di lap ke-5, Danilo Petrucci yang sebelumnya menyingkirkan Vinales, berhasil overtake Marquez untuk mengamankan pos ke-4. Lap berikutnya, Iannone yang start buncit akibat penalti secara mengejutkan sudah berhasil merangsek hingga sampai di belakang Marc dan... langsung overtake Marquez. Di lap ke-9 Dovi berhasil merebut pos ke-2 setelah overtake Rossi. Sampai di sini Ducati benar-benar mendominasi barisan depan sedulur, dengan Yonny terdepan dikuntit Dovi, Rossi, Petrucci, dan Iannone.

Semula jalannya balapan diharapkan lancar. Namun semakin ke sini, cuaca yang sebelumnya masih cerah kembali hujan ringan. Di sinilah kondisi mulai tricky akibat lintasan yang menjadi semakin basah. Dua rider Ducati menjadi korbannya. Yonny Hernandez menjadi yang pertama akibat keluar lintasan di lap 12. Sempat kembali membalap, doi akhirnya harus menyerah. Kemudian di lap ke-14 Iannone juga crash saat manuver di tikungan. Beruntung, Petrucci masih sempat overtake Rossi untuk mengunci posisi ke-2. Dovi memimpin disusul Petrucci, Rossi, dan Scott Redding yang ternyata semakin mendekat di posisi 4. 

Di lap 15, terjadi aksi seru saling overtake antara Rossi dan Redding memperebutkan pos ke-3. Sayang di tengah ketatnya persaingan itu, balapan berubah menjadi kacau saat intensitas hujan semakin deras. Dan red flag terpaksa dikibarkan demi keselamatan rider karena hujan deras sudah pasti mengurangi visibilitas rider. Resikonya terlalu berbahaya jika diteruskan sedulur.

Balapan kembali diteruskan setelah hujan reda dan para marshall selesai menyapu air agar tidak menggenangi lintasan. Sedangkan formasi urutan start persis seperti saat red flag berkibar, Yakni Dovizioso pertama, kemudian berturut-turut Petrucci, Rossi, Redding, Marquez, dan Pedrosa. Langsung inisiatif ngepush sejak awal start, Rossi kembali memimpin jalannya balapan, diikuti Dovi dan Marquez....Nah di sini..insiden ndlosor berjamaah kembali terjadi di atas licinnya trek sedulur. Tercatat Cal, Pedrosa, dan Dovi crash dalam waktu berdekatan. Beruntung... Pedrosa masih bisa melanjutkan race. Dan di lap 17, harapan Rossi menempel ketat Marc di poin klasemen pupus setelah doi mengalami crash. Mungkin karena terlalu bernafsu menjauh dari kejaran lawan, Vale jadi kehilangan traksi ban depan dan jatuh. Praktis Marc mengambil alih pimpinan setelah Vale crash. 

Dan drama terakhir dari Jack Miller menjadi penutup kacaunya balapan di Assen. Entah sejak kapan merangsek hingga barisan depan, Jack Miller tiba-tiba muncul dan berhasil overtake Marquez di lap 19. Kondisi ini bertahan hingga balapan usai dan.... Jack Miller akhirnya berhasil memenangkan balapan di kelas MotoGP untuk pertama kalinya sedulur. Selain itu,,, inilah pertama kalinya ada rider Australia yang memenangi seri MotoGP sejak terakhir Casey Stoner melakukannya pada 2012 yang lalu.

Praktis dengan hasil ini, Marc semakin kokoh di puncak klasemen dengan raihan poin 145, disusul Lorenzo kedua dengan 121 poin dan Rossi ketiga dengan 103 poin. Tentunya perjuangan Rossi untuk mendekati perolehan poin Marc bakal semakin berat sedulur. Meskipun RC213V belum menemukan performa terbaiknya, namun terbukti Marc masih bisa konsisten meraih podium. Berikut ini hasil MotoGP Assen 2016 selengkapnya.. (Fantastito)


Hasil race Assen 2016

1. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 22m 17.447s 
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 22m 19.438s 
3. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 22m 23.353s 
4. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 22m 27.259s 
5. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 22m 35.282s 
6. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 22m 36.139s 
7. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 22m 40.052s 
8. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 22m 41.050s 
9. Maverick ViƱales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 22m 43.595s 
10. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 22m 45.051s 
11. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 23m 39.277s 
12. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 24m 11.816s 
13. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +3 laps 

Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) DNF 
Michele Pirro ITA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) DNF 
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF 
Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF 
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) DNF 
Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) DNF 
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) DNF 
Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) DNS

0 Response to "Jack Miller juara MotoGP Assen 2016..!! Sempat red flag, banyak rider crash...kacau..!!"