Fantastito

Bagaimana harusnya New Vixion generasi ke 3..?? (part 3)


Sedulur sekalian, artikel ini adalah episode ke 3 dari sekuel "Bagaimana harusnya New Vixion generasi ke 3". Untuk episode pertama dan episode kedua, sedulur bisa simak di sini dan di situ. Oke, pada artikel sebelumnya sudah dibahas sektor mesin sebagai salah satu sisi yang mesti mendapat upgrade signifikan. Di kesempatan ini Fantastito akan membahas sektor lainnya yang dirasa sudah sudah pantas mendapat upgrade untuk gen 3 nantinya.

Jika sektor mesin sudah mendapat upgrade, lalu sektor berikutnya yang layak dibahas adalah fitur. Yah memang di setiap artikel opini, Fantastito memang paling demen ngebahas yang satu ini. Sebetulnya untuk fitur, New Vixion saat inipun sudah oke punya, hanya saja Fantastito menilai rival utama dan satu-satunya saat ini yakni all new CB150R masih sedikit lebih unggul.

Beberapa fitur yang mesti mendapat upgrade contohnya adalah panel speedometer yang saat ini masih kombinasi analog-digital, menjadi full digital. Jika mau all out, YIMM bisa menambah jenis display informasi yang saat ini belum ada di panel speedo New Vixion gen 2 seperti jam, indikator suhu mesin, indikator posisi gigi, atau bahkan indikator konsumsi BBM. Sebetulnya jika indikator rpm mesin masih analog, tidak menjadi masalah asal pada panel instrumen digital informasinya sudah lengkap seperti yang sudah disebutkan tadi. Tapi ya tetap saja model speedo full digital terasa lebih canggih nan modern, apalagi ukurannya bisa dibuat lebih kompak.

Kemudian pada perangkat penerangan pun New Vixion dianggap masih tertinggal karena masih menganut bohlam biasa, coba bandingkan dengan all new CB150R yang sudah full LED, baik itu headlamp, tail light serta sein. Bahkan sampai lampu penerangan plat nopol pada rear fender pun sudah menggunakan LED...!! Wiiih. Jadi di sektor penerangan, nampaknya New Vixion gen 3 nanti sudah seharusnya full LED, alias jangan nanggung.

Bagaimana untuk sektor kaki-kaki..?? Nah ini juga yang menurut Fantastito juga perlu diupgrade sedulur. Di sektor ini, khususnya untuk perangkat karet bundar alias ban rasanya perlu diperbesar ukurannya. Lho bukannya sekarang ban sudah gambot...?? Betul, New Vixion saat ini dengan ukuran ban depan 90/80-17 dan ban belakang 120/70-17  bisa dibilang termasuk gambot, namun masih kalah gambot dibanding all new CB150R yang berukuran depan 100/80-17 dan belakang 130/70-17.

Jujur Fantastito merasa, dari segi estetika, dengan ukuran ban yang semakin gambot asal masih proporsional, tentunya menambah kesan gagah pada sebuah naked bike street fighter. Jadi, sudah saatnya di New Vixion gen 3 nanti ukuran ban dibuat lebih melar sama seperti all new CB150R, agar semakin terasa lebih head-to-head..!! Ohya jangan lupa model velg pun jika perlu common part dengan Xabre, biar semakin jozz..!!

Nah, dari yang sudah Fantastito jelaskan di atas, setidaknya itulah beberapa fitur yang wajib (IMHO) diupgrade pada New Vixion gen 3. Sektor lain seperti swing arm, maupun shock depan, rasanya tidak apa jika memang belum mendapat sentuhan, mengingat rivalnya saat ini pun juga tidak terlalu istimewa. Tapi rasanya tidak salah jika YIMM mempertimbangkan untuk mengupgrade salah satunya, misal mengganti swing arm kotak dengan model banana, seperti milik R25. Walopun belum alumunium die cast, setidaknya swing arm model banana bisa menambah gagah sang all new generation. (Fantastito)

Bersambung part 4

0 Response to "Bagaimana harusnya New Vixion generasi ke 3..?? (part 3)"