Fantastito

MotoGP Le Mans 2016 Lorenzo untouchable..!! Suzuki akhirnya podium..!!


Jorge Lorenzo tampil begitu luar biasa dengan menjadi yang tercepat di race Le Mans, Perancis. Seperti biasa, semenjak mulai start Lorenzo langsung tancap gas agar bisa langsung menjauh dari kejaran lawan. Dan hasilnya, doi sama sekali tidak tersentuh oleh pembalap lain hingga akhirnya finis tercepat di Perancis, unggul hingga lebih dari 10 detik dari Valentino Rossi yang menguntit di posisi ke 2. Sepertinya Jorge mampu mempertahankan performa gemilangnya seperti saat di kualifikasi, jozz..!!

Yang mengejutkan di race kali ini adalah Valentino Rossi. Meskipun harus start dari posisi 7, Vale tetap tampil gemilang dengan meraih posisi runner-up. Sebelumnya dari sesi latihan bebas hingga kualifikasi, Vale selalu terseok-seok tampil tidak meyakinkan. Bahkan saat sesi warm up sekalipun doi terlihat masih belum bisa menemukan form terbaiknya.

Sepertinya prediksi Fantastito tentang kemungkinan Vale bakalan membuat kejutan di race Le Mans terbukti benar. Sempat tercecer di posisi 9 saat awal balapan, Vale pelan-pelan mulai melewati satu per satu para rider di depannya. Puncaknya, saat lap 13 Rossi berhasil overtake Marquez dan Dovizioso di lap berikutnya, guna meraih tempat ke 2 dan mempertahankan posisinya hingga balapan usai. Usaha Rossi sendiri cukup terbantu dengan jatuhnya Andrea Iannone di lap ke 7, yang mana saat itu Iannone masih jauh di depan Rossi.

Yang mengecewakan tentu saja Marc Marquez dan Dovizioso. Setelah disalip Rossi, terlihat mereka begitu ngotot ngepush hingga limit kemampuan motor. Bahkan akhirnya Marc ndlosor tepat berbarengan dengan Dovizioso yang berada di depannya. Menurut bung Matteo Guerinoni saat mengomentari jalannya balapan di live MotoGP Trans7, Marquez dan Dovi terlalu memaksa mengikuti pace dari Valentino Rossi. Kemungkinan tujuannya agar bisa terus nempel dan tidak tertinggal dengan Vale. Untungnya Marc tetap bisa melanjutkan balapan meskipun akhirnya hanya finis di posisi 13.

Selain kegemilangan duet Yamaha Lorenzo - Rossi serta kegagalan Marc dan duo Ducati, yang menggemberikan tentu saja Suzuki. Untuk pertama kalinya sejak terjun kembali di MotoGP, mereka akhirnya berhasil meraih podium pertamanya lewat rider muda andalan, Maverick Vinales. Meskipun raihan ini dicapai berkat banyaknya rider di posisi depannya yang jatuh, tetap saja prestasi ini layak untuk disyukuri. Sebelumnya, terakhir kali Suzuki meraih podium MotoGP adalah saat di race Brno, Rep. Ceko, tahun 2010 yang lalu. 

Tentunya pencapaian ini menjadi berkah tersendiri sekaligus modal berharga buat Suzuki guna meyakinkan Vinales agar tetap bertahan di timnya. Seperti yang kita tahu, belakangan ini Vinales santer digosipkan akan meninggalkan Suzuki guna bergabung ke Yamaha, menggantikan Jorge Lorenzo yang tahun depan hengkang ke Ducati. Tentunya dengan hasil ini semakin membuktikan bahwa progres Maverick sangat berimplikasi positif dengan pengembangan Suzuki GSX-RR.

Atas hasil ini, untuk sementara Lorenzo berhasil memimpin perolehan poin klasemen sementara MotoGP 2016 dengan torehan 90 poin. Sementara buat Marc, dengan kegagalan meraih podium dan hanya finis ke 13 di akhir balapan, membuatnya hanya meraih 3 poin dan kini harus rela tergusur oleh Lorenzo dari puncak klasemen dengan 85 poin. Sedangkan Rossi terus menempel di posisi ke 3 dengan 78 poin, tertinggal 12 angka dari Lorenzo. 

Dengan perolehan poin di klasemen yang cukup ketat antar rider papan atas, tentunya persaingan merebut gelar juara dunia diharapkan kedepannya bakal semakin sengit dan seru. Kita tunggu saja sedulur..!! (Fantastito)

0 Response to "MotoGP Le Mans 2016 Lorenzo untouchable..!! Suzuki akhirnya podium..!!"