Fantastito

Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 1)


Sedulur sekalian..sebagai salah satu blogger, Fantastito selama ini juga sering membaca dan mengamati banyak berita maupun artikel dari beberapa blog lain, khususnya blog bergenre otomotif. Karena ya memang aslinya yang namanya blogger, apa pun genrenya harus sesering mungkin baca-baca media lain biar semakin menambah wawasannya.

Nah karena Fantastito sudah cukup lama mengikuti perkembangan dunia otomotif lewat beberapa blog otomotif tersebut, maka Fantastito sedikit paham seperti apa pola para blogger otomotif ini dalam mencari bahan tulisan serta apa saja sumber berita yang sering mereka jadikan referensi. Yang menarik, setiap blogger otomotif ini punya ciri khas masing-masing dalam mendapatkan dan mengolah ide untuk tulisannya.

Nah berikut ini adalah sumber berita yang selama ini sering dijadikan referensi dan ide tulisan para blogger otomotif untuk dijadikan bahan artikel guna menghasilkan sebuah artikel menarik di blognya. Tentu saja ini adalah berdasarkan hasil dari pengamatan Fantastito.

Media resmi nasional
Naah...kalau ini Fantastito yakin, hampir semua blogger otomotif, mulai dari blogger otomotif papan atas seperti Iwan Banaran dan wak Haji Taufik sampai blogger ecek-ecek kayak Fantastito ini :-D pasti sangat sering menjadikan media resmi nasional sebagai salah satu bahan referensi untuk menghasilkan tulisan di blog.

Contoh dari media resmi nasional ini (dalam kategori otomotif tentunya) misalnya Kompas Otomotif, Detik Oto, Motorplus, Otomotifnet, Dapur Pacu, dan masih banyak lainnya. Hal ini wajar sebab media-media besar tersebut sangat update dan biasanya menjadi tangan pertama sebuah info penting terkini, sehingga sangat tepat jika dijadikan sumber referensi tulisan.

Media resmi mancanegara
Tidak hanya media resmi nasional, media resmi asing pun sering dijadikan referensi para blogger otomotif. Artikel-artikel yang bersumber dari media asing ini biasanya menyangkut even penting otomotif dunia yang berlangsung di luar negeri, misalnya MotogGP, WSBK, EICMA Milan, dan lain-lain. Contoh dari media asing yang sering menjadi rujukan para blogger otomotif misalnya seperti MCN, Motorsport, Crash, MotoMatters, Asphalt and Rubber, dan masih banyak lagi

Dengan menerjemahkan berita dari media asing tersebut ke bahasa Indonesia, para blogger otomotif bisa membuat artikel yang menarik dengan gaya tulisan mereka sendiri sehingga lebih disukai pembaca. Jadi para sedulur pembaca di Indonesia tidak perlu lagi repot-repot membaca artikel bahasa asing. Cukup pantengin saja blog-blog otomotif dari Indonesia, maka sedulur bisa tetap update berita otomotif internasional.

Media sosial
Di era teknologi informasi yang semakin maju seperti saat ini, khususnya teknologi internet, media sosial juga menjadi referensi berita yang tak kalah menarik. Bahkan berbagai macam peristiwa biasa bisa menjadi trending topik nan menghebohkan karena adanya media sosial, tak terkecuali informasi dunia otomotif. Contohnya adalah kasus tentang oknum polisi nakal yang dishare oleh seorang pengguna facebook kemudian menjadi heboh. Biasanya informasi seperti ini sering dijadikan bahan tulisan oleh para blogger otomotif.

Namun, karena masifnya informasi di media sosial yang semakin tak terkendali, para blogger otomotif juga harus selektif dalam menyaring berita. Pasalnya, banyak sekali informasi hoax yang berseliweran di dunia maya. Tentunya informasi dari media sosial yang nantinya dijadikan referensi blogger otomotif haruslah akurat dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga tidak menyesatkan para pembaca.

Itulah tadi beberapa poin yang bisa dijadikan ide tulisan dan referensi para blogger otomotif. Apakah hanya itu sedulur..? Yo tentu tidak, masih banyak ide -ide tulisan blogger otomotif lainnya yang belum dibahas. Nah untuk yang belum dibahas ini akan kita analisa bersama di artikel berikutnya, dan mungkin akan jadi artikel series yang cukup panjang sedulur. Tunggu saja (Fantastito)

Bersambung ke part 2

3 Responses to "Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 1)"

  1. http://taipansport.blogspot.com/2017/07/taipanqq-mbappe-ke-arsenal-ini-kata.html

    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER

    ReplyDelete