Fantastito

Sirkuit Sentul dipastikan batal gelar MotoGP 2017...!! Ngeneess...


Sedulur sekalian...kabar kurang menyenangkan datang dari Dorna perihal rencana Sirkuit Sentul sebagai salah satu venue MotoGP 2017. Setelah sebelumnya sempat digadang-gadang bakal masuk kalender MotoGP tahun depan, Sirkuit Sentul akhirnya dipastikan gagal menggelar event balap motor tercepat di dunia itu. Kepastian ini didapat setelah pihak Dorna mengirim surat resmi ke Kemenpora. Dalam surat tersebut Dorna secara gamblang menyebut bahwa Sentul tidak mungkin menyelenggarakan MotoGP 2017....!! Ngeneess...


Melalui surat resmi bertanggal 6 Juli yang ditujukan kepada Menpora Imam Nahrawi, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyatakan bahwa Sirkuit Sentul saat ini memang belum memenuhi standar homologasi dari FIM. Dan yang paling mengejutkan...salah satu alasan dibalik kegagalan ini adalah ternyata master plan modifikasi Sirkuit Sentul sampai saat ini belum pernah dikirim ke Dorna..!! Padahal dari awal Dorna sudah berulang kali meminta pihak Sentul agar segera menyerahkan master plan sirkuit. Ckckckck.... walaah...piye iki...

Menanggapi surat dari Dorna tersebut, Irawan Sucahyono selaku advisor Sirkuit Sentul mengakui selama ini pihaknya memang belum memberikan master plan yang diminta Dorna...."Master plan atau rencana penyelenggaraannya memang belum kami sampaikan ke Dorna karena kami tidak ingin mendahului petunjuk dari pemerintah. Pemerintah baru memastikan soal penunjukan itu kan pada saat 30 Juni lalu melalui surat yang dikirimkan kepada Dorna Sport. Jadi wajar saja kami belum ada master plan yang diberikan ke Dorna," kata Irawan via Detik.

"Itu cukup wajar. Mereka menjawab apa adanya, kalau 2017 tidak bisa, ya wajar karena mungkin menurut mereka mepet untuk persiapannya. Kami tidak masalah jika Sentul tidak jadi menggelar MotoGP di tahun 2017 karena dari awal Sentul tidak memasang deadline untuk penyelenggaraan harus 2017. Makanya sekarang tergantung dari pemerintah mau bagaimana. Sentul saat ini menunggu petunjuk dari pemerintah seperti apa," ujarnya lagi.

Meskipun dipastikan gagal, namun Irwan mengaku tetap optimis Sirkuit Sentul dapat menyelenggarakan MotoGP, meski harus diundur beberapa tahun. "Sentul bakal mengejar dan ngotot lah. Tetapi sekarang ini leadernya ada di Kemenpora jadi kita tunggu petunjuk pak Menteri dulu. Kemarin kan Pak Menpora sudah menentukan sentul 2017-2019 dan palembang 2018-2020. Tapi intinya yang diminta Dorna sesuatu yang realistis. Bagi Sentul sih gampang, sirkuit ada, tinggal renovasi. Renovasi juga gampang karena sudah komunikasi dengan Hermann Tilke, jadi tinggal tunggu konfirmasi dari Homologasi FIM saja." 

Seperti yang kita ketahui, tahun lalu Dorna memang sudah memberi kesempatan pada Indonesia guna memproyeksikan Sirkuit Sentul agar siap menggelar MotoGP untuk tiga musim (2017-2019) dengan tenggat waktu peresmian kontrak paling lambat 30 Juni 2016. Tidak tanggung-tanggung arsitek spesialis sirkuit ternama, Herman Tilke didatangkan langsung ke Sentul untuk melakukan survey guna merancang renovasi dari sirkuit tersebut.  

Sayang...rentang waktu selama kurang lebih satu tahun yang diberikan Dorna sama sekali tidak dimanfaatkan. Malahan tren semakin ke sini semakin negatif sedulur. Melihat kondisi yang ada serta tenggat waktu yang semakin mepet, peluang Sentul menggelar balap MotoGP hampir dipastikan hilang. Sirkuit Sentul tak kunjung direnovasi. Ketiadaan sokongan dana dari pemerintah menjadi salah satu penghambat terbesar. Status kepemilikan Sirkuit Sentul yang bukan milik pemerintah menjadi biang keladi dana APBN ogah mengucur. Sebaliknya, pemerintah malah meminta perpanjangan waktu hingga akhir Juli. Hasilnya bisa ditebak... Dorna menolak dan memastikan Sentul gagal menjadi salah satu venue MotoGP 2017. Nyeseeek......

Kini harapan yang tersisa hanya pada Sirkuit Jakabaring Palembang yang sebelumnya memang sudah diproyeksi siap menggelar MotoGP 2018 sebagai alternatif jika Sentul gagal. Apalagi pemerintah Sumsel dikabarkan telah menyiapkan alokasi dana sebesar 120 Milyar serta lahan seluas 120 Hektar guna pembangunan sirkuit. Yaah kita lihat saja progres selanjutnya. Semoga kali ini bukan PHP lagi seperti Sirkuit Sentul.... (Fantastito)  

1 Response to "Sirkuit Sentul dipastikan batal gelar MotoGP 2017...!! Ngeneess..."

  1. Tahun 2020 sudah dicanangkan akan dilaksanakan di Jakarta.. Hoping it will be true..
    Terima kasih atas Informasinya

    ReplyDelete