Fantastito

Ini nih Ducati 1299 Panigale S Anniversario, cuman diproduksi 500 unit di dunia..!!


Sedulur sekalian....seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bertepatan dengan event World Ducati Week di Misano 1-3 Juli lalu sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-90, Ducati merilis superbike edisi khusus dari keluarga Panigale. Diberi label 1299 Panigale S Anniversario, jelas ini merupakan varian spesial sebagai peringatan hari jadi mereka. Casey Stoner yang sudah melakukan pengetesan mengakui bahwa Panigale S edisi spesial ini begitu mudah dikendalikan alias punya handling jempolan. Emange opo wae sih sing spesial dari Panigale edisi khusus ini...??

Diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas yakni hanya 500 unit di dunia, Ducati 1299 Panigale S Anniversario mempunyai beberapa perbedaan dibanding Panigale biasa sedulur. Salah satunya yang paling mencolok namun tidak kasat mata adalah perangkat elektroniknya yang sudah lebih canggih. Tentu saja yang paling menarik disorot adalah all-new “EVO” traction and wheelie control system yang dipasang pada motor ini. Bisa dibilang Panigale edisi khusus ini merupakan pioneer dalam pengaplikasian teknologi ini. Sebab jajaran moge Ducati terbaru lainnya baru akan menggunakannya di tahun 2017 mendatang...

Khusus untuk all-new “EVO” traction and wheelie control system, Ducati mengklaim bahwa teknologi ini lebih baik dibanding kontrol traksi biasa. Jika terjadi slip berulang kali, sistem akan mendeteksi pola siklus guna mencari batas ideal traksi. Yang jelas, sistem terbaru ini mampu mengurangi besarnya osilasi sehingga menghadirkan kontrol traksi yang lebih tepat. Belum cukup sampai di situ, Ducati Electronic Suspension (DES) and Öhlins Smart EC yang merupakan teknologi kaki-kaki terbaru milik Ducati juga dibenamkan guna menjanjikan stabilitas, pengereman, handling dan grip ban yang lebih baik.

Ducati 1299 Panigale S Anniversario juga dijejali software terbaru yang dikombinasikan dengan perangkat Inertial Measurement Unit (IMU) racikan Bosch untuk mengkalkulasi slip di roda belakang. Perangkat ini dirancang agar langsung mengontrol pengapian serta fuel injection dan memanipulasi bukaan katup kupu-kupu di throttle body agar muntahan power lebih jinak saat terdeteksi slip pada ban. Selain IMU, teknologi dari Bosch lainnya yang disematkan yakni Cornering ABS dan Engine Brake Control (EBS) guna meningkatkan performa dan keselamatan lebih baik di segala kondisi berkendara. Wes pokoke canggih sedulur...

Selain perangkat elektronik yang sudah lebih maju, Ducati juga konsen pada pengurangan bobot kuda besi yang berimplikasi pada peningkatan performa. Segitiga suspensi depan bagian atas dicangkokan material aluminium solid yang juga jadi tempat disematkannya nomor produksi dari motor ini. Pemangkasan bobot juga didapat dari penggunaan material carbon pada bodi. Salah satu yang paling menarik adalah pengaplikasian aki lithium ion yang merupakan baterai paling canggih saat ini. Ducati mengungkapkan bahwa dibanding dengan aki biasa, penggunaan aki lithium ion ini mampu mereduksi bobot Panigale S Anniversario hingga 2 kg. Lha terus piye spek mesinnya..??

Untuk spek mesin, Panigale S Anniversario ini masih menggunakan mesin yang sama dengan versi standar Panigale S yakni Superquadro 1285 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 205 hp dan torsi maksimum 144,6 Nm, dipadukan transmisi 6 percepatan dengan sistem Ducati Quick Shift/Down (DQS). Perbedaan lain Panigale S Anniversario yang menjadi ciri khasnya yaitu pemakaian pola tiga warna merah, putih, hitam pada bodi samping berpadu dengan velg Machesini berlabur keemasan.

Rencananya, Ducati 1299 Panigale S Anniversario ini baru akan tersedia di dealer Ducati mulai pertengahan Juli ini. Untuk harga memang tidak disebutkan berapa secara detail. Namun diprediksi banderolnya bisa tembus £23,995 atau setara Rp 379 juta, lebih mahal dari Panigale S standar yang berbanderol Rp 327,3 juta. Yang jelas kalau dipasarkan di Indonesia, harganya bakal naik hingga 2 kali lipat. Piye sedulur..?? Tertarik boyong Panigale S edisi 90 tahun ini nggak..?? (Fantastito)

0 Response to "Ini nih Ducati 1299 Panigale S Anniversario, cuman diproduksi 500 unit di dunia..!!"