Fantastito

Sekilas pandang Honda Supra GTR 150, bebek super perdana dari AHM


Sedulur sekalian, bebek super perdana dari AHM akhirnya resmi dirilis. Mengusung nama Supra GTR 150, AHM nampaknya ingin agar sang bebek super lebih mudah diterima masyarakat luas. Karena kita tahu, Supra adalah sebuah nama yang sangat familiar bagi orang Indonesia, yang sudah dikenal sebagai bebek yang bandel, efisien, irit, serta mudah perawatannya. 

Meskipun menyandang nama Supra, namun dengan mesin lebih powerful common part dari Sonic yang notabene masih satu basic dengan mesin CBR150R plus embel-embel "GTR 150", maka secara market positioning jelas bahwa Honda Supra GTR 150 lebih pas kita anggap sebagai lawan yang sepadan buat kompetitornya yang sudah lebih dulu eksis, Yamaha MX King.

AHM sendiri mengkonsep Supra GTR 150 ini sebagai bebek touring yang tangguh untuk melintasi segala jenis medan. Menurut President Direktur AHM Toshiyuki Inuma, All New Honda Supra GTR 150 ini memang hadir dengan konsep baru, dan ditujukan sebagai pilihan masyarakat Indonesia yang senang menaklukan rintangan dalam berkendara di sepanjang perjalanan. Supra GTR ini juga telah disematkan beragam keunggulan untuk menunjang performa tinggi namun tetap nyaman dan irit bahan bakar.

Di sektor dapur pacu, Honda Supra GTR 150 sudah menganut mesin DOHC 4 katup 6 percepatan serta sistem pendingin radiator, dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 15,9 PS di putaran 9000 rpm serta torsi maksimum 13,5 Nm di putaran 6500 rpm. Mesinnya sendiri merupakan common part dari Honda Sonic 150R, yang telah seting ulang pada ECU dan mapping engine disesuaikan agar pas dengan filosofinya yaitu "Grand Touring".

Secara desain, Supra GTR bisa dibilang tampil lebih agresif dengan banyak shape tajam pada bodi serta gagah, sesuai dengan label GTR-nya, yah walaupun masih tersisa sedikit nyawa elegan khas Honda. Fitur-fitur yang disematkan pada GTR juga sudah terbilang advance di kelasnya, seperti headlamp LED, speedometer kombinasi digital-analog, kaki-kaki yang gambot serta suspensi belakang yang menganut monoshock non link.

Meskipun tren pangsa pasar bebek semakin mengecil, namun pertarungan segmen bebek sport antara Honda Supra GTR melawan Yamaha MX King yang baru saja dimulai tentu akan sangat menarik untuk kita ikuti. Apakah Supra GTR berbanderol seharga 21,5 juta OTR Jakarta ini mampu menggoyang MX King yang selama ini melaju sendirian tanpa lawan sepadan..?? Kita lihat saja nanti sedulur, nek boso jowone just wait and see...(Fantastito)

0 Response to "Sekilas pandang Honda Supra GTR 150, bebek super perdana dari AHM"