Fantastito

Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 3)


Sedulur sekalian, posting ini merupakan episode 3, yakni kelanjutan dari 2 episode sebelumnya yang membahas topik tentang sumber ide tulisan yang bisa dijadikan referensi oleh para blogger otomotif. Di artikel sebelumnya Fantastito sudah memaparkan beberapa poin sumber berita yang sering dijadikan ide tulisan para blogger otomotif, di antaranya yaitu pengalaman pribadi dari blogger yang bersangkutan, komentar pembaca yang berkualitas, serta status sosial media publik figur. Nah di kesempatan kali ini akan Fantastito bahas sumber ide tulisan berikutnya yang tentunya juga sering dijadikan referensi para blogger otomotif.

Jurnalis otomotif asing
Untuk berita yang bersumber dari jurnalis otomotif asing, biasanya hanya blogger kawakan yang punya pengetahuan dan analisa tinggi seperti wak Haji Taufik yang sering menggunakannya. Sebagai contoh, berita mengenai bocoran gosip MotoGP teraktual yang bahkan belum sampai ke media resmi di Indonesia, namun wak Haji Taufik sudah bisa membuat artikel hot yang bersangkutan di blog-nya yakni TMCBlog. Kenapa bisa? Karena dia sangat jeli dalam mengamati, menganalisa, serta mengolah informasi tersebut.

Info tersebut biasanya diperoleh lewat cuitan twitter pribadi maupun kutipan sang jurnalis dari beberapa media. Walaupun info tersebut hanya beberapa kalimat saja, namun di tangan seorang blogger bertangan dingin info tersebut bisa diolah dan dianalisa sedemikian rupa (tanpa ditambah-tambahi atau dikurang-kurangi) menjadi sebuah artikel yang berkualitas, aktual, tajam, dan tentunya terpercaya.

Citizen journalism / email pembaca
Sumber berita yang berasal dari jurnalisme warga atau email pembaca biasanya hanya didapatkan oleh blogger otomotif yang punya nama besar alias terkenal serta mempunyai banyak pelanggan setia seperti Iwan Banaran dan Haji Taufik. Seringnya sih info tersebut berupa pertanyaan, bocoran gosip, laporan aktual, saran dan masukan ke ATPM, atau apapun yang berkaitan dengan otomotif.

Contohnya seperti email pembaca berupa kiriman spyshot motor misterius yang disinyalir merupakan calon produk terbaru yang sedang ditest di jalanan. Tentu saja info seperti ini menjadi santapan empuk para blogger otomotif untuk diolah menjadi artikel panas nan menghebohkan. Selain info bocoran, email pembaca bisa berupa keluhan terhadap pelayanan sebuah dealer resmi. Info semacam ini juga sering dijadikan ide tulisan untuk diangkat ke publik, dengan maksud agar kasusnya ter blow-up sehingga pabrikan mau membenahi layanan dealernya.

Profesi
Yang namanya blogger otomotif pastinya selalu banyak ide tulisan, bahkan profesi atau pekerjaannya pun bisa dijadikan salah satu sumber berita. Misalnya kang Ari dengan blog-nya Aripitstop. Kang Ari ini ternyata mempunyai latar belakang seorang mekanik. Nah, saat menjalani profesinya sebagai mekanik inilah pasti banyak didapat pengalaman-pengalaman berharga yang bisa dijadikan ide tulisan di blognya.

Sebagai contoh ketika dia menangani kasus jebolnya ring piston dari motor milik pelanggan yang diakibatkan malas ganti oli. Dari pengalaman tersebut kang Ari bisa membuat sebuah artikel edukasi tentang pentingnya ganti oli serta resiko besar yang harus ditanggung akibat malas ganti oli, lengkap dengan foto sebagai bukti otentiknya. Memang topik dan edukasi tentang pentingnya ganti oli bisa didapat dari banyak artikel di Google. Tapi tentunya dengan hasil pengalaman sendiri, maka artikel bikinan akng Ari tersebut bisa dijamin keoriginalitasannya sehingga lebih terpercaya.

Nah itulah beberapa hal yang sering dijadikan ide tulisan oleh blogger otomotif. Dan masih banyak sumber ide tulisan para blogger otomotif yang akan Fantastito bahas di artikel-artikel series ini selanjutnya. (Fantastito)

Bersambung ke part 4

0 Response to "Apa saja sih ide tulisan blogger otomotif...?? (part 3)"