Fantastito

Bebek TVS bakalan pakai transmisi semi otomatis... jadi berasa moge broo..!!


Sedulur sekalian, meskipun prestasi penjualan TVS di Indonesia belum bisa dibilang memuaskan, namun bukan berarti pabrikan motor asal India ini minim inovasi. Akhir Mei lalu, TVS Motor Company berhasil mematenkan sebuah teknologi transmisi terbaru untuk disematkan pada produknya. Disebut sebagai Semi Automated Manual (SMT), kemungkinan besar sistem transmisi ini bakal dibenamkan di jajaran produk bebek TVS. Joozz..!!

Jelas sedulur.. ini merupakan sebuah kemajuan yang cukup pesat. Pasalnya, teknologi perpindahan gigi semacam ini lebih umum dijumpai pada moge-moge berbanderol mahal. Namun sekarang sampeyan semua berkesempatan besar merasakan kecanggihan SMT, karena seperti yang kita tahu TVS dikenal sebagai pabrikan yang sering menawarkan produk-produknya dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan brand dari Jepang. 

Teknologi SMT ini sendiri berbeda dengan transmisi konvensional pada motor umumnya. Jika motor dengan transmisi manual konvensional menggunakan tuas persneling di kaki kiri biker, maka pada motor bertransmisi SMT tuas perseneling ini hilang dan diganti dengan pengaplikasian tombol pemindah gigi yang terletak di setang. Nah..tombol pada setang ini nantinya dihubungkan secara elektronik untuk tersambung dengan kopling yang akan memindah gigi, baik untuk upshift maupun downshift. Wuuih.. canggih sedulur...

Jadi, sekarang para biker sudah tidak perlu repot - repot lagi nyongkel tuas persneling sambil narik kopling. Kemungkinan, teknologi SMT ini menyertakan tombol "upshift" dan "downshift" pada setang untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Lhaaa koq canggih bener yaak... sensasinya mungkin berasa seperti ngutak-atik paddle shift kayak di mobil.

Pihak TVS sendiri menambahkan bahwa sistem transmisi ini memberikan kemudahan dalam mengganti gigi karena biker tidak harus direpotkan menggerak-gerakan kaki untuk mencongkel tuas persneling. Selanjutnya, dengan tidak adanya penggunaan tuas persneling di kaki maka insiden slip kopling pun dapat dihindari. Ditambah lagi, penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dengan mencegah slip kopling ini. Hasilnya, konsumsi bahan bakar diklaim 2-5 persen lebih irit untuk penggunaan di dalam kota.

Meskipun canggih, sedulur jangan menyamakan dengan teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) milik Honda, seperti yang terdapat pada VFR1200F atau Africa Twin. Tetap saja nggak sebanding.....beda kasta soale. Nah menurut infonya, TVS berencana mulai akan mengaplikasikan sistem transmisi ini pada bebek Neo. Entahlah Fantastito belum tahu apakah fitur canggih ini bakalan dibenamkan pada produk bebek TVS yang dipasarkan di Indonesia. Kita tunggu saja gebrakan dari TVS selanjutnya. TVS...?? Canggih juga ternyata... (Fantastito)

0 Response to "Bebek TVS bakalan pakai transmisi semi otomatis... jadi berasa moge broo..!!"