Fantastito

Bagaimana harusnya New Vixion generasi ke 3..?? (part 1)


Sedulur sekalian, tidak bisa dipungkiri bahwa New Vixion adalah sebuah tonggak awal dari sebuah revolusi besar pasar motorsport di tanah air. Bagaimana tidak, hampir sepuluh tahun yang lalu, di saat Honda masih adem ayem dengan Megapro bermesin GL jadul-nya, Yamaha menggebrak dengan meluncurkan sebuah motorsport dengan desain dan teknologi yang selangkah lebih maju dibanding rivalnya itu.

Saat itu, umumnya sebuah motor sport hanya dibalut dengan desain elegan membulat, rangka konvensional diamond, serta mesin SOHC air cooled. Tapi Vixion yang saat itu debut perdana, betul-betul mengejutkan dengan desain slim nan tajam dikombinasikan rangka twin spar (deltabox), serta mesin walopun masih SOHC tapi lebih advance dengan power lebih baik serta sudah dilengkapi pendingin cair. Maka pastilah Vixion saat itu langsung mendapat respon pasar yang sangat positif yang akhirnya mengantarkan suksesor RX-King tersebut ke tahta penguasa sport tanah air. 

Itu sudah hampir sepuluh tahun yang lalu Bagaimana sekarang..?? Setelah mendapat perombakan besar-besaran dari segi tampilan maupun performa di umurnya yang menginjak 5 tahun sejak debut peluncurannya, New Vixion bahkan masih merajai pasar motor sport tanah air hingga saat ini..!!

Meskipun masih tetap merajai tahta sport, namun tetap saja kondisinya berbeda dibanding dulu. Jika sebelumnya New Vixion unggul telak atas rival-rivalnya, kini sudah tidak lagi sedulur. Pasalnya, Honda yang terus belajar dari masa lalu serta sangat bernafsu merebut posisi nomor satu, terus menempel sangat ketat di posisi kedua. Honda bahkan sudah sempat beberapa kali mengkudeta posisi nomor satu sport terlaris dari tangan Yamaha.

Adalah all new CB150R yang menjadi simbol dimulainya perubahan besar-besaran pada lini sport Honda. Dengan desain agresif jauh meninggalkan ciri khas elegan mereka selama ini, dipadu fitur, teknologi, serta performa mesin yang lebih baik, perlahan all new CB150R semakin mengancam eksistensi New Vixion. Jujur bahkan menurut Fantastito generasi terbaru CB150R ini terasa lebih unggul pada sebagian besar aspek dibanding New Vixion. Opini Fantastito agaknya terbukti, pasalnya dari uji komparasi all new CB150R vs New Vixion oleh beberapa tabloid otomotif ternama seperti Otomotifnet dan Motorplus, CB150R terbukti unggul berbagai sisi, mulai dari power, torsi, akselerasi, bahkan hingga efisiensi bahan bakar.

Biarpun New Vixion masih merajai pasar sport, kalau kondisinya seperti ini, Fantastito yakin cepat atau lambat, all new CB150R punya potensi besar untuk menggusur New Vixion dari posisi nomor satu. Jika sudah begini, jelas tidak ada pilihan Bagi Yamaha selain meng-upgrade New Vixion generasi ke 2 ini menjadi generasi ke 3. (Fantastito)

Bersambung ke part 2

0 Response to "Bagaimana harusnya New Vixion generasi ke 3..?? (part 1)"