Fantastito

GESITS, skuter listrik buatan Indonesia siap mengaspal tahun depan..!!


Akhirnya sedulur, impian negeri kita untuk bisa memproduksi kendaraan listrik sendiri kini sedikit lagi hampir tercapai. Adalah GESITS, yakni kepanjangan dari Garansindo Electric Scooter ITS, yang siap mewujudkankan mimpi besar tersebut. Sesuai dari namanya, GESITS adalah prototipe skuter listrik yang dibuat atas kolaborasi dari Perusahaan Otomotif Garasindo serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Prototipe GESITS secara resmi diperkenalkan ke publik, pada hari Selasa 3 Mei 2016 di Gedung Riset Mobil Listrik ITS, Surabaya, Jawa Timur. Perkenalan perdana prototipe GESITS tersebut turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, Rektor ITS Joni Hermana, Ketua Tim Riset GESITS M. Nur Yuniarto, serta beberapa tamu undangan penting lainnya.

Untuk spesifikasi dari GESITS, tenaga listriknya mampu memuntahankan power hingga 6,7 hp, dengan sumber energi utamanya adalah dari baterai lithium ion. Baterainya mempunyai kapasitas sebesar 1980 Wh yang bisa digunakan untuk menempuh jarak antara 80 hingga 100 km dengan waktu pengisian baterai hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 3 jam. Top speed dari GESITS diklaim tembus hingga 100 km/jam..!! 

Secara keseluruhan material GESITS sudah mengandung komponen lokal, hanya baterainya saja yang masih harus impor. Namun pimpinan proyek GESITS M. Nur Yuniarto meyakini bahwa pembuatan baterai lithium hanya masalah waktu. “Secara teori dan teknis kami memahami dan mampu membuat baterai listrik. Tapi di proyek ini kami memilih untuk membeli karena pertimbangan efisiensi pembuatan,” ujarnya sepeti dilansir Jackbiker. 

Rencananya GESITS ditargetkan akan segera mulai diproduksi massal pada tahun 2017 mendatang. Namun sebelum proses produksi massal dimulai tentunya dibutuhkan beberapa hal pendukung agar proyek tersebut berjalan lancar. Ketua tim riset GESITS M. Nur Yuniarto mengatakan setidaknya prototipe GESITS harus menjalani beberapa tahap pengujian misalnya seperti tes jalan minimal 3.000 km, tes safety, kondisi ekstrem, dan lain sebagainya sebelum akhirnya diserahkan ke Garasindo agar siap untuk diproduksi massal. 

Selain proses tahap pengujian, tentunya GESITS sebagai proyek transportasi berbasis energi listrik sangat membutuhkan proyek pendukung lain yang tentunya nanti bakal berjalan secara beriringan. Terkait hal ini, selain dua pemeran utama ITS dan Garasindo, akan ada beberapa institusi lain yang nantinya akan mengemban proyek pendukung, seperti pembuatan suku cadang dan pengembangan stasiun pengisian baterai (charge station). Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir berharap GESITS versi produksi massal nantinya bisa dijual setidaknya di bawah harga 20 jutaan.

Jujur sedulur, melihat paparan beberapa informasi di atas, Fantastito merasa sangat bangga, yakin, dan percaya diri bahwa proyek kendaraan listrik ini bakal bisa berjalan sukses kedepannya. Kenapa..?? Karena keputusan untuk mengembangkan transportasi berbasis energi listrik dirasa sudah sangat tepat. Sebab kendaraan listrik saat ini belum terlalu populer di dunia dan masih banyak negara lain yang juga sedang mengembangkannya. Kendaraan listrik bahkan masih dikembangkan di negara-negara maju yang notabene juga produsen otomotif ternama di dunia. Tentunya dengan kondisi seperti ini, Indonesia masih punya peluang besar untuk maju pesat karena sama-sama memulai dari awal untuk berkompetisi dengan negara lain. 

Coba bandingkan jika kita tetap ngotot ingin di jalur transportasi konvensional, tentunya Indonesia sudah sangat tertinggal jauh serta akan sangat sulit untuk bersaing dengan negara lain yang teknologinya sangat mutakhir, seperti Jepang, Amerika, Jerman, serta beberapa negara maju lainnya.

Fantastito berharap, jika GESITS ini benar-benar sudah diproduksi massal, maka nantinya akan memicu sektor-sektor transportasi lainnya agar segera "move on" dari bahan bakal fosil yang menghasilkan emisi gas buang serta mencemari lingkungan, beralih ke energi alternatif yang ramah lingkungan sehingga akan merevolusi wajah transportasi di negara kita tercinta ini agar lebih baik. Semoga saja.. (Fantastito)

0 Response to "GESITS, skuter listrik buatan Indonesia siap mengaspal tahun depan..!!"