Fantastito

Next matic premium Yamaha dengan idling stop system, demi menghadang Honda Forza


Menarik sedulur, mengenai hot isu akan hadirnya matic premium Yamaha yang saat ini sosoknya sedang dalam proses penggodokan oleh YIMM. Di artikel sebelumnya, Fantastito sudah membahas mengenai calon penantang Yamaha NMAX dari AHM yang dirumorkan akan terinspirasi dari Honda Forza, walaupun nantinya belum tentu juga dinamai Forza, anggap saja hanya sebagai gambaran agar lebih mudah diingat. Honda Forza sendiri sosoknya sudah eksis dan merupakan kategori matic premium Honda yang dikhususkan untuk pasar Eropa.

Dan ternyata Yamaha pun berencana memukul balik dengan menghadirkan matic yang menurut sebuah sumber dari para blogger otomotif berkode B65 ini. Yang menarik, dari isu terbaru mengatakan bahwa matic berkode B65 ini nantinya akan dilengkapi dengan teknologi idle stop system atau entah nanti Yamaha akan memberinya nama apa, sama seperti yang sudah diterapkan oleh Honda di hampir semua lini produk maticnya.

Kalo ini benar, maka secara logis harusnya starter senyap juga sudah disematkan pada mesin sang B65 ini. Implikasinya jelas, idling stop system yang memungkinkan mesin lebih sering hidup mati dalam rentang waktu berdekatan, tidak mungkin jika harus mengandalkan starter dinamo untuk menghidupkan mesin yang berakibat aki cepat soak. Dikombinasikan dengan fitur VVA pada sektor engine, matic ini nantinya diprediksi bakal lebih advance untuk membendung Honda Forza nya AHM.

Lantas bagaimana model head-to-headnya antara NMAX, B65, serta Honda Forza ini..?? menurut analisa Fantastito, kemungkinan Yamaha mencoba untuk membuyarkan fokus sasaran Honda terhadap NMAX dengan tameng bernama "B65" ini. Kalo sedulur sekalian ingat, di masalalu kejadian ini pernah terjadi di mana Honda menghadirkan CB150R dengan referensi old Vixy, namun kemudian New Vixion lahir dengan desain all new lebih fresh, kaki-kaki lebih gambot, serta fitur yang lebih lengkap. 

So, tentu saja Yamaha kali ini akan mengulanginya lagi, dimana ketika Honda berfokus pada NMAX sebagai sasaran target, namun di sisi lain Yamaha coba membalikkan dengan menelurkan produk yang lebih advance. Bedanya, Yamaha B65 ini diprediksi tidak akan menggantikan NMAX, melainkan akan jalan beriringan guna menghadapi Honda Forza-nya AHM.

Tentu saja yang namanya strategi perusahaan bisa berubah, mengingat kondisi di lapangan yang dinamis susah ditebak. Tinggal kita lihat saja bagaimana nanti kondisi sesungguhnya setelah produk benar-benar sudah rilis. (Fantastito)

0 Response to "Next matic premium Yamaha dengan idling stop system, demi menghadang Honda Forza"