Fantastito

AHM siapkan pesaing NMAX...??


Sedulur sekalian... tidak perlu berlama-lama setelah perkenalan salam pembuka pada posting pertama, inilah artikel kedua saya. Menarik sekali membaca artikel wak haji Taufik mengenai rumor kemungkinan AHM menghadirkan pesaing dari Yamaha NMAX (baca di sini) dan disebut-sebut kalau calon produknya adalah Honda Forza 150. Jika melihat berdasarkan kelas, maka PCX adalah lawan yang sepadan buat NMAX. Pertama dari body keduanya punya perawakan yang sama-sama bongsor bin gambot. Kedua, dari riding position keduanya sama-sama berorientasi touring. Dan yang ketiga secara fitur dan teknologi, masing-masing pabrikan memposisikan dua matic ini di market kelas premium. Lantas apa yang membuatnya berbeda sehingga AHM masih ingin membuat produk pesaing dari NMAX..? 

Yup, dari segi pricing mas broo. Jelas kalo melihat dari sisi harga keduanya sangat timpang. YIMM membanderol NMAX sekitar 27 jutaan sedangkan PCX dihargai AHM di kisaran 40 jutaan, beda hingga 13 jutaan..!! Perbedaan pricing yang begitu jauh ini jelas dipengaruhi oleh status kedua produk. NMAX adalah produk lokal buatan YIMM sendiri, sedangkan PCX merupakan CBU dari Thailand. Apalagi ternyata YIMM terus menggempur PCX dengan meluncurkan NMAX versi non ABS yang dibanderol 24 jutaan, semakin mak jlebbb mas bro. Jelas ini sebuah hal yang menggembirakan bagi mereka yang mendambakan sebuah matic premium namun dengan harga yang relatif terjangkau. Faktanya NMAX terbukti mendapat respon yang bagus di pasaran. Dari pengamatan Fantastito sendiri, populasi NMAX yang terlihat di jalanan bisa dibilang cukup banyak untuk ukuran matic berbanderol di atas 20 jutaan....



Sebetulnya rumor semacam ini tidak mengagetkan buat Fantastito. Alasannya jelas, penjualan PCX kalah jauh dibandingkan dengan NMAX. Dengan kondisi seperti ini terus menerus, AHM pasti tidak akan tinggal diam melihat produk kompetitor tanpa lawan sepadan. Lahirnya Sonic demi menghadang laju Satria FU agar tidak melenggang sendirian menjadi sebuah bukti keseriusan AHM menggarap semua pasar. Mengenai si calon lawan NMAX yang disebut-sebut sebagai Forza 150 ini, AHM jelas mesti melokalkan si Forza ini agar pricing bisa sekompetitif mungkin. Syukur sih kalo bisa lebih rendah dari kompetitor. Sebab jika masih CBU banderol bakal tetap lebih mahal, ujung-ujungnya sami mawon..

Nah pertanyaannya kenapa mesti Forza, kenapa bukan PCX saja yang dilokalkan? Mungkin bisa jadi AHM tidak ingin mencederai konsumen yang sudah kadung membeli PCX versi CBU. Jadi pilihan untuk melokalkan Honda Forza bisa dibilang tepat sebagai produk yang benar benar baru, apalagi secara desain Honda Forza dirasa sudah lebih dari cukup untuk bersaing melawan NMAX. Bahkan menurut Fantastito, Honda Forza mempunyai keunggulan tersendiri karena desainnya yang tajam dan agresif yang notabene juga sekaligus bisa menggaet pasar anak muda. Untuk spesifikasi, AHM tinggal common part mesin 150cc ESP nya Vario 150 sehingga cost produksi bisa ditekan.

Jelas, seandainya betul betul diwujudkan dengan desain dan fitur yang sudah ada di versi Eropa serta dikombinasikan strategi pricing yang tepat, maka Honda Forza ini bisa menjadi ancaman serius buat NMAX. Jangan tanggung-tanggung AHM..!! (Fantastito)

0 Response to "AHM siapkan pesaing NMAX...??"