Fantastito

Sport Honda semakin mengancam, bagaimana Yamaha..??


Sedulur sekalian, Honda itu adalah penguasa mutlak pangsa pasar roda dua di tanah air. Berdasarkan data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), selama tahun 2016 sampai bulan Maret, pangsa pasar mereka mencapai 72,5 persen. Bahkan khusus untuk bulan Maret 2016, Honda unggul jauh dari kompetitor dengan menguasai 78 persen market share...!  Itu jelas jumlah persentase yang sangat besar. Tapi di segmen sport-lah Honda masih belum bisa dibuat tidur nyenyak, karena di segmen ini Honda masih kesulitan bersaing dengan Yamaha. Untuk sektor matik dan moped (bebek), bolehlah Honda membusungkan dada karena mereka unggul telak dibanding para kompetitor. Untuk urusan sport..?? Nanti dulu... karena Yamaha masih sedikit unggul.


Jika kita mencoba untuk mengamati progres menjegal Yamaha di segmen sport, bisa dikatakan bahwa usaha Honda emang gak main-main. Kemunculan duo all new CB150R dan all new CBR150R yang berubah secara frontal adalah bukti keseriusan Honda, ditambah lagi dengan calon sport 250cc 2 silinder all new CBR250RR yang diprediksi rilis semester ke-2 tahun ini, semakin membuktikan bahwa Honda semakin geregetan ingin segera mengambil pimpinan market sport dari Yamaha. Apalagi dari segi fitur, desain, serta teknologi, deretan lini produk sport dari AHM saat ini semakin agresif dengan fitur melimpah yang mendobrak tren, tidak seperti sebelumnya yang terkesan elegan menjurus jadul, minim inovasi, serta keukeuh tidak mau mendengar saran konsumen. Hasilnya..?? Positif sedulur.. all new CBR150R dan all new CB150R pelan namun pasti semakin moncer penjualannya. CBR150R meski tipis sudah mampu mengungguli penjualan R15, CB150R bahkan sempat beberapa kali melewati penjualan New Vixion Advance yang selama ini begitu alot didongkel dari puncak klasemen sport terlaris, walaupun jika dijumlah secara total masih kalah dari andalan pabrikan garpu tala itu. Mungkin hanya Xabre yang saat ini belum ada lawan head-to-head mengingat Honda belum ada indikasi meracik minor street fighter buatan mereka. Tapi jelas kemungkinan ke arah sana tetap ada.

Di kelas 250cc, jelas kemunculan all new CBR250RR diprediksi akan semakin mengancam YZF-R25. Bagaimana tidak, melawan Ninja 250 FI saja R25 masih kurang bertaji dengan penjualan domestik kurang memuaskan. Meski eksport R25 ke mancanegara bagus, tetap saja itu tidak bisa dijadikan patokan untuk bertarung di pasar domestik. Apalagi dikabarkan all new CBR250RR ini nantinya bakal hadir dengan spesifikasi yang tidak main-main serta disematkannya fitur dan teknologi canggih yang masuk kategori "pioneer" di kelasnya.


Apakah Yamaha akan diam saja melihat geliat rival abadinya begitu merajalela..?? Pastinya sih tidak. Tapi melihat kondisi demikian, Fantastito yakin Yamaha seharusnya menganggap revolusi sport Honda (AHM) saat ini sebagai sebuah sinyal bahaya dalam mempertahankan tahtanya sebagai pabrikan penguasa sport tanah air. Matik dan bebek sudah kadung kalah, maka jalan satu-satunya adalah mati-matian mempertahankan segmen sport. Salah satu jalan terdekat yang bisa diambil Yamaha adalah dengan merombak jajaran lini produk sport mereka, terutama untuk kelas 150cc. Itu mutlak harus dilakukan, karena dari potensi pangsa pasar motorsport, jelas kelas 150cc adalah yang paling menggiurkan. Setidaknya sebuah sumber informasi dari blogger papan atas macam IWB dan TMCBlog yang menyebutkan bahwa akan hadirnya R15 dengan label generasi all new membuktikan bahwa Yamaha memang sudah serius menghadapi gempuran Honda.


Bagaimana kelas 250cc..?? Mengingat duo R25 - MT25 life cycle nya baru sekitar 2 tahunan, kemungkinan opsi wait and see bisa diambil dulu sambil menyiapkan strategi berikutnya. Apalagi dari penelusuran Fantastito selama ini, belum ada indikasi Yamaha akan mempersiapkan new product 250cc.

Kesimpulannya dari analisa Fantastito, Honda betul-betul serius melakukan revolusi besar-besaran pada senjata sport mereka dan progresnya sedikit demi sedikit dinyatakan positif bahkan sangat berpotensi menggeser Yamaha dari tahta penguasa sport di tanah air. Jadi...  Bagaimana Yamaha...?? (Fantastito)

0 Response to "Sport Honda semakin mengancam, bagaimana Yamaha..??"