Fantastito

YIMM resmi umumkan recall untuk YZF-R25 dan MT25..!!


Sedulur sekalian, berbuntut dari recall terhadap Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT25 dan MT320 yang dilakukan oleh Yamaha Jepang, YIMM selaku ATPM Yamaha di Indonesia pun akhirnya mengikuti tindakan serupa. Yap, pada hari Rabu tanggal 15 Juni kemarin, YIMM secara resmi mengumumkan recall terhadap R25 serta MT25. Tentunya recall Yamaha R25 dan MT25 di Indonesia memang harus dilakukan. Kenapa..?? Sebab YIMM sendiri merupakan produsen dari kelima produk global tersebut.

Berikut ini adalah pernyataan YIMM dalam surat resminya

Kepada Yth.

Pelanggan, Pemilik dan Pemakai Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Terima kasih atas kepercayaan nya memilih dan membeli Yamaha YZF-R25 dan MT25. 

Pada tanggal 14 Juni 2016, Yamaha Motor Company Jepang mengumumkan mengenai perbaikan beberapa komponen pada Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250 dan MT320. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku produsen kelima produk global tersebut juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas sepeda motor Anda di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kami akan segera mengumumkan tata cara penanganan pelanggan kami. Oleh karena itu, dimohon untuk menunggu sampai persiapan kami selesai. Pengumuman resmi akan kami sampaikan melalui website ini dan jaringan dealer resmi Yamaha.

Kami sangat menghargai bila Anda berkendara mengikuti buku petunjuk pemilik. Silahkan datang ke dealer resmi Yamaha terdekat bilamana Anda memiliki keluhan ini di sepeda motor Anda.
Terima kasih.

Salam Semakin Di depan


Di Jepang sendiri, recall dilakukan karena ada 3 hal utama yang dianggap bermasalah dan menyimpan potensi berbahaya cukup besar. 3 hal tersebut adalah pada mekanisme gigi penggerak pompa oli, laher kopling yang rentan rusak, serta perangkat selang rem depan yang terlalu dekat dengan radiator. Sedangkan untuk penyebab recall di Indonesia, YIMM belum memberikan keterangan resminya. Secara logika sih harusnya tidak akan jauh berbeda dengan yang di Jepang.

Tentunya keputusan YIMM untuk melakukan recall pada produknya dan mengumumkannya secara terbuka patut kita acungi jempol sedulur. Tidak hanya buat Yamaha, tapi juga berlaku bagi seluruh pabrikan otomotif di Indonesia tanpa terkecuali. Sebab ketika suatu pabrikan melakukan recall, maka itu artinya pabrikan sangat konsen pada keselamatan dan keamanan konsumennya. Lha gimana enggak, wong tujuannya kan komponen yang dianggap cacat dan punya potensi bahaya diganti dengan komponen baru yang lebih kuat sehingga motor sampeyan dijamin tetap aman dipakai. Apalagi biaya penggantian komponen ini ditanggung seluruhnya oleh pabrikan alias gratis tanpa biaya sepeserpun. 

Sayangnya, mindset masyarakat Indonesia masih sering salah kaprah dengan yang namanya recall. Faktanya, di Indonesia tindakan recall yang dilakukan oleh pabrikan masih dianggap tabu. Recall dianggap mencoreng nama baik pabrikan karena produksinya cacat. Padahal, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan dilakukannya recall justru sebagai bentuk komitmen, tanggung jawab dan kepedulian pabrikan pada keselematan dan keamanan konsumen.

Selanjutnya tinggal kita tunggu saja pengumuman resmi dari YIMM perihal bagaimana proses mekanisme serta waktu pelaksanaan recall ini. (Fantastito)

0 Response to "YIMM resmi umumkan recall untuk YZF-R25 dan MT25..!!"