Fantastito

Brand dan image Ninja masih sangat kuat... YZF-R25 = New Vixion..??


Kalau melihat screenshot di atas, barangkali sampeyan akan mengernyitkan dahi, atau malah ketawa..?? Ceritanya bermula saat Fantastito sedang buka-buka facebook. Saat sedang asyik scroll timeline di beranda, nampak ada salah satu status yang cukup menarik perhatian Fantastito. TS-nya sendiri adalah kenalan jauh Fantastito yang kebetulan masih abg. Setelah Fantastito baca dengan seksama, ternyata Zimedim Zidam (katakanlah namanya demikian) beranggapan bahwa sport fairing Yamaha YZF R15 dan YZF-R25 ini sama saja dengan New Vixion.

Nampak pula ada seorang lagi yang menyanggah seraya menegaskan bahwa R25 itu levelnya sudah setara Ninja 250FI, dan kita semua juga pasti tahu bahwa kenyataannya memang demikian. Namun Zidam tetap pada pemahamannya bahwa R15 dan R25 hanyalah pengembangan dari New Vixion. Entah apa maksud dari pernyataan Zidam ini.

Sebenernya Fantastito masih bisa memaklumi jika ada yang beranggapan bahwa R15 itu adalah pengembangan dari New Vixion. Karena pada kenyataannya, basis mesin dan rangka deltabox R15 memang masih common part dengan New Vixion, hanya ada sedikit perbedaan pada detil tertentu. Walaupun desain body R15 sangat berbeda jauh karena sudah menganut full fairing, namun tetap tidak salah jika R15 disebut sebagai pengembangan dari New Vixion.

Namun apa jadinya jika ada yang beranggapan bahwa R25 itu sama saja dengan New Vixion..?? Hmmmm... Fantastito sebagai salah satu pengamat dunia otomotif (preet) nampaknya juga bingung sendiri apanya yang sama..?? Kalau merek ya iya jelaslah karena sama-sama dari Yamaha. Namun dilihat dari segi apapun tetap saja R25 sangat berbeda dengan New Vixion karena R25 sendiri baik dari mesin maupun sasis benar-benar produk fresh dan all new alias tidak dikembangkan dari sport Yamaha manapun.

Lantas kenapa ada yang beranggapan bahwa YZF-R25 itu hanya pengembangan dari New Vixion..?? Selain karena minimnya pengetahuan seseorang tentang dunia otomotif, menurut Fantastito salah satu faktornya adalah karena brand dan image Ninja masih sangat kuat..!! Ya..tidak bisa dipungkiri bahwa Kawasaki sukses besar menanamkan mindset dan psikis cara berpikir masyarakat Indonesia bahwa yang namanya motor sport fairing ya Ninja. Memang nama Ninja sudah kadung melekat di benak kalangan biker sebagai motor sport fairing kencang dan desain yang keren. Apalagi kondisi ini didukung posisi Ninja sebagai first mover dan pioneer di kelas 250cc di Indonesia, jauh lebih dulu eksis daripada CBR250R dan R25. Eksistensi Ninja di tanah air juga didukung oleh banyaknya komunitas owner Ninja 250 yang bertebaran di Indonesia, baik itu di dunia nyata maupun di forum-forum online.

Masalah desain adalah selera. Memang dari segi performa dan handling Yamaha R25 lebih unggul dari Ninja, namun hal ini tidak menjadi jaminan R25 akan melenggang mulus di kelas 250 cc. Pada awalnya penjualan R25 memang sempat mengalahkan pencapaian Ninja. Tapi kemudian perlahan namun pasti, grafik Ninja 250 kembali merangkak naik merajai pasar sport 250 cc dan masih stabil hingga saat ini.

Tentu saja kedigdayaan klan Ninja ini merupakan hasil kerja keras KMI dalam memasarkan dan mempromosikan Ninja 250 di Indonesia. Di tahun 2008 saat Honda dan Yamaha sibuk dengan naked bike 150 cc, KMI malah memilih jalan sendiri dengan merilis Ninja 250 karbu yang secara desain saat itu memang menawan. Hasilnya..?? Sukses besar. Untuk ukuran motor berbanderol 40 jutaan saat itu, Ninja 250 karbu termasuk kategori laris manis. AHM yang mencoba peruntungan di segmen 250 cc lewat CBR250R single silindernya pun akhirnya gagal total. Ninja tetap mendominasi.

Jelas kalau sudah begini, selama Yamaha masih belum bisa menggeser image Ninja dalam mindset para biker, maka selama itu pula R25 akan sulit mengalahkan Ninja. Jalan satu-satunya adalah YIMM meningkatkan kualitas dan kuantitas marketing mereka dalam mempromosikan YZF-R25 agar positioning dan image R25 lebih terangkat. Kondisi ini juga berlaku untuk semua pabrikan manapun yang ingin nyemplung di kelas sport fairing 250 cc. Tidak cukup hanya punya produk yang bagus saja, mereka juga dituntut bagaimana caranya agar produk tersebut mampu menjadi ikon dan prestise di kelasnya. Inilah PR terberat bagi pabrikan yang ingin mencoba peruntungan di kelas 250 cc di Indonesia.

Nah persaingan sport 250 cc ke depannya dipastikan akan semakin ketat mengingat di semester kedua nanti AHM akan meluncurkan CBR250RR dua silinder yang diprediksi bakal mengusung desain, fitur, teknologi yang lebih mutakhir serta power yang lebih tinggi. Tentu saja sangat menarik untuk ditunggu apakah ada yang sanggup menggeser Ninja dari singgasananya..?? Kita lihat saja nanti sedulur. (Fantastito)

0 Response to "Brand dan image Ninja masih sangat kuat... YZF-R25 = New Vixion..??"