Fantastito

Yamaha akan discontinue XT660Z dan XJR1300


Sedulur sekalian, secara mengejutkan Yamaha Global dikabarkan akan segera men-discontinue dua line-up produk mereka yakni XJR1300 dan XT660Z. Dipastikan salah satu penyebab keduanya distop produksinya adalah karena terbentur masalah regulasi standar emisi Euro 4. Kabarnya, discontinue tersebut akan dilaksanakan mulai tahun 2017 mendatang.

Ironisnya, keputusan Yamaha untuk menghentikan produksi XJR1300 datang di saat sang legenda caferacer ini sudah memasuki usia 20 tahun sejak peluncuran pertamanya. XJR1300 sendiri pertama kali dirilis 20 tahun yang lalu, tepatnya pada 1995 dengan mengusung nama XJR1200. Sungguh sangat disayangkan sedulur, mengingat XJR1300 ini baru mendapat update facelift tahun lalu.

Tidak hanya XJR1300, XT660Z Tenere yang mengusung genre adventure bike juga mengalami nasib serupa. Menurut laporan dari laman Visordown, akan ada new product yang akan segera menggantikan XT660Z Tenere dari jajaran line-up adventure bike Yamaha. Diprediksi calon penggantinya akan mengambil basis dari MT-07 yang kemungkinan akan berlabel XT700Z Tenere. Disinyalir XT700Z Tenere ini sedang dalam tahap uji coba. Sedangkan XSR900 yang mengambil basis dari MT-09 untuk sementara mungkin bisa menjadi pilihan alternatif pengganti XJR1300.


Saat ini Yamaha memang sedang melakukan evaluasi ke seluruh jajaran lini produk mereka guna persiapan menghadapi tuntutan standar regulasi Euro 4. Sekedar info sedulur, syarat dan kriteria untuk lolos emisi Euro 4 memang termasuk ketat. Tidak peduli produk tersebut menyandang status kategori favorit sekalipun, kalau spesifikasi tidak memenuhi persyaratan, maka jalan discontinue mau tidak mau terpaksa harus dilakukan pabrikan. Sebetulnya hal ini bisa diatasi jika pabrikan sudi riset ulang guna mengupgrade basis konstruksi mesin agar memenuhi persyaratan regulasi emisi gas buang. Sayang... biasanya performa motor akan menjadi korbannya sehingga jalan discontinue dinilai lebih bijaksana mas broo.

Kasus discontinue karena tuntutan standar emisi gas buang seperti ini juga sebelumnya pernah beberapa kali terjadi di Indonesia. Contoh termutakhir dialami oleh Ninja 150 2 tak. Meskipun terbukti laris manis di kalangan speed freak, KMI terpaksa harus stop produksinya karena sang super KIPS dinilai tidak akan bisa memenuhi kriteria emisi Euro 3. So...motor keren dicontinue..?? Emang susah yo sedulur kalau sudah kebentur regulasi... (Fantastito)

0 Response to "Yamaha akan discontinue XT660Z dan XJR1300"