Fantastito

Suzuki Hayabusa terbaru dirumorkan akan memakai mesin supercharger..!!


Sedulur sekalian, kabar cukup mengejutkan datang dari Suzuki. Bukan Suzuki Indonesia yang dipegang grup Indomobil itu lho ya, tapi dari Suzuki Jepang. Menurut sebuah laporan yang berasal dari Morebikes, Suzuki dikabarkan sedang meracik generasi terbaru dari hyperbike mereka, Suzuki GSX1300R atau yang lebih populer di dunia dengan sebutan "Suzuki Hayabusa".

Seperti info yang dishare oleh Detik Oto, konsen perubahan New Suzuki Hayabusa ini lebih mengarah ke peningkatan performa serta pengurangan bobotnya. Maklum sedulur, Suzuki Hayabusa mempunyai bobot seberat 266 kg. Maka dari itu, Hayabusa terbaru ini nantinya akan mengadopsi frame yang lebih ringan. Tidak hanya lebih ringan, tapi juga diklaim akan lebih rigid dari edisi sebelumnya. Fantastito sendiri belum mengetahui berapa jumlah bobot yang berhasil direduksi di New Hayabusa terbaru ini. Tapi yang jelas, dengan pengurangan bobot ini dipastikan performanya akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Yang paling menarik adalah isu akan disematkannya mesin supercharger pada New Hayabusa ini. Seandainya rumor ini benar, maka bisa ditebak bahwa Suzuki memang berhasrat ingin kembali membawa Hayabusa ke posisi superbike tercepat di dunia. Seperti yang kita tahu, Suzuki Hayabusa selama ini selalu disebut-sebut sebagai motor produksi standar pabrikan tercepat di dunia. Selain itu, performa buasnya juga sangat disegani dan ditakuti di kancah drag race dunia. 

Menggunakan mesin berkapasitas jumbo 1340 cc yang mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 200 PS, Suzuki Hayabusa mampu meraih top speed hingga lebih dari 300km/jam. Bukan hanya soal top speed, akselerasinya pun bisa dibilang sangat mengerikan. Bahkan dari test yang pernah dilakukan Cycle World, Hayabusa sanggup meraih kecepatan 235 km/jam hanya dalam waktu 9,8 detik saja..!!

Sayang, Hayabusa kemudian harus bersaing ketat memperebutkan status motor produksi massal terkencang setelah Kawasaki menghadirkan hyperbike versi mereka yaitu Ninja ZX14R dengan mengusung kapasitas mesin yang lebih besar, 1440 cc..!! Tidak hanya kapasitas mesin yang lebih besar, performa ZX14R juga nyatanya mampu sedikit mengungguli Hayabusa. Posisi Hayabusa juga semakin tergeser karena lagi-lagi Kawasaki selangkah lebih maju dengan menghadirkan superbike bermesin supercharger lewat H2R. 

Dengan kondisi seperti ini, maka wajar jika Suzuki memutuskan untuk menyematkan mesin supercharger pada New Hayabusa guna melawan rivalnya itu. Apalagi sudah cukup lama Hayabusa tidak mendapat sentuhan yang benar-benar baru. Nah bisa sedulur sekalian bayangkan seperti apa monsternya power New Suzuki Hayabusa nanti jika seandainya benar-benar dicangkokan mesin supercharger.

Menarik untuk kita tunggu sedulur sekalian apakah New Suzuki Hayabusa ini mampu merebut kembali statusnya sebagai motor standar pabrikan terkencang di muka bumi..?? (Fantastito) 

0 Response to "Suzuki Hayabusa terbaru dirumorkan akan memakai mesin supercharger..!!"