Fantastito

Setelah Supra GTR 150, Honda masih akan luncurkan bebek super lagi..??


Sedulur sekalian, Fantastito hampir nggak percaya saat membaca analisa dari master blogger otomotif wak Haji Taufik yang diulas di blognya bahwa kemungkinan setelah merilis bebek super perdana mereka, AHM disinyalir masih mempunyai satu produk bebek super lagi yang masih disimpan guna menggempur habis market Yamaha MX King...! ckckck... emang edan tenan ini AHM.

Saat AHM mempresentasikan product knowledge Honda Supra GTR 150 di hadapan 22 blogger (yang jelas Fantastito tidak termasuk di dalamnya hehehe...) yang saat itu diundang untuk test touring Supra GTR untuk rute Bandung - Karawang, terdapat satu materi dari product knowledge yang kemungkinan memiliki banyak makna tersirat mengenai analisa strategi pemasaran bebek Honda ke depan. Materi presentasi tersebut berupa sebuah grafik ke-ekslusif-an sebuah bebek berbanding dengan sisi desain racy sporty-nya.

Nah dari grafik inilah kita dapat menduga-duga bahwa sebenarnya AHM bisa saja masih menyimpan senjata lainnya guna menghantam laju MX King. Pada awalnya, dimulai saat rumor mengenai Supra GTR mulai merebak sampai akhirnya sang bebek super dirilis resmi, Fantastito (mungkin juga banyak blogger yang lain) memang langsung menebak bahwa Supra GTR oleh ini akan langsung dibenturkan dengan Yamaha MX King, termasuk dari segi market positioning-nya.


Secara kasat mata dengan melihat kondisi pasar, memang terlihat bahwa GTR akan head to head secara langsung dengan MX King, yaitu sama-sama masuk kategori bebek premium dengan performa mesin di atas bebek biasa. Namun pada grafik tersebut bisa kita analisa bahwa Supra GTR ini lebih mengarah sebagai bebek yang menjunjung tinggi nilai eksklusif premium, dan tidak terlalu menonjolkan sisi racy dan sporty-nya. Sedangkan rivalnya yakni MX King lebih mengedepankan sisi racy and sporty-nya. Artinya apa? Bahwa AHM memang sengaja memposisikan Supra GTR ini lebih kepada feeling berkendara yang nyaman dan ekslusif, sesuai dengan filosofi "Grand Touring"-nya.

Kalau kita bandingkan dari sisi desain antara Supra GTR dengan MX King, maka akan terlihat bahwa desain MX King memang masih lebih sporty. Faktanya, Fantastito sendiri memandang di beberapa bagian desain Supra GTR terlihat masih meninggalkan sisi elegan yang cukup kental yang menjadi ciri khas Honda selama ini. Diduga kuat, AHM memang sengaja membuat desain Supra GTR tidak se-racy dan se-sporty seperti rivalnya itu. Kenapa? Sesuai judul artikel ini, kemungkinan akan ada bebek super selanjutnya yang akan diluncurkan AHM, dimana the next bebek super inilah yang nantinya akan mengusung desain yang jauh lebih racy serta sporty. Jelas inilah strategi "diferensiasi" AHM untuk mengepung habis market Yamaha MX-King..!! Wuuihh..!!

Tentu saja analisa tersebut bisa dibilang masih masuk akal. Faktanya, pola AHM menggempur produk kompetitor di segmen bebek dengan lebih dari satu varian sudah terjadi sebelumnya, yakni Honda Supra X 125 dan Blade 125 yang ditujukan untuk menggempur Yamaha Jupiter Z. Dari kasus ini kita bisa melihat bahwa AHM menawarkan Supra X 125 sebagai pilihan bagi yang ingin merasakan kenyamanan dan tampil elegan. Sedangkan Blade 125 disediakan bagi kalangan dinamis yang lebih berjiwa sporty.

So.. analisa kesimpulannya adalah AHM "bisa saja" akan mencoba menghadang eksistensi Yamaha MX King dengan 2 produk bebek super yang mempunyai diferensiasi pada feeling kenyamanan berkendara maupun dari segi tampilan racy sporty-nya, yakni Supra GTR 150 dan next bebek super AHM yang lebih racy dan sporty. Nah menyoal nama untuk next bebek super AHM ini, mungkinkah AHM akan melabelinya dengan nama Blade 150..?? Karena Supra GTR juga merupakan versi yang lebih advance dari Supra X 125, maka sangat logis jika Blade 125 nantinya akan hadir generasi terbarunya yang lebih premium. Tapi entahlah, ini hanya sebuah tebak-tebakan saja.

Tentunya, analisa yang sudah Fantastito paparkan di artikel kali ini hanyalah sebuah prediksi belaka dengan melihat berdasarkan pola strategi AHM selama ini, serta kondisi pasar yang ada. Apakah nanti AHM akan benar-benar meluncurkan satu lagi produk bebek premium mereka..?? Pastinya hanya Tuhan dan AHM sendiri yang tahu. Yang jelas persaingan di segmen bebek kini semakin menarik dan seru. Kita tunggu saja..!! (Fantastito)

1 Response to "Setelah Supra GTR 150, Honda masih akan luncurkan bebek super lagi..??"