Fantastito

Kenapa sih motor listrik GESITS harus dikembangkan di Indonesia..?? (Part 2/2)


Sedulur sekalian, di artikel sebelumnya Fantastito sudah menjelaskan dua poin penting yang mendasari alasan motor listrik GESITS harus dikembangkan di Indonesia. Poin-poin tersebut adalah tingginya kebutuhan masyarakat akan sepeda motor, serta fakta bahwa teknologi motor listrik merupakan hal yang relatif baru dikembangkan sehingga kesempatan Indonesia untuk berkompetisi dengan negara lain sangat terbuka lebar.

Nah, pada kesempatan kali ini masih ada tambahan beberapa poin penting lainnya yang mendasari alasan Indonesia harus mengembangkan sepeda motor listrik GESITS ini.

Garansindo sebagai pencetus motor listrik GESITS punya hubungan dekat dengan produsen motor listrik dunia
Kita tahu bahwa GESITS merupakan hasil kerja sama dari PT Garasindo dan ITS Surabaya. Nah PT Garasindo sendiri merupakan perusahaan terpercaya yang sering ditunjuk oleh beberapa produsen motor listrik ternama untuk mendistribusikan produk mereka. Di antaranya adalah Zero Electric Motorcycle dan Italjet.

Zero Electric Motorcycle adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah lebih dahulu menjadi produsen motor listrik, di mana produknya tersebut sudah tembus pasar dunia. Sedangkan Italjet merupakan produsen sepeda listrik asal Italia yang sangat berpengalaman pada desain dan kemampuan rancang bangun sasis sepeda motor selama puluhan tahun.

Dengan adanya hubungan baik ini, peluang Garasindo untuk setidaknya membuka kerja sama alih teknologi dengan kedua produsen motor listrik ternama dunia itu sangat terbuka lebar. Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan dalam rangka mengembangkan teknologi pada motor listrik GESITS.

Investasi teknologi fasilitas produksi dan marketing masih berimbang
Faktanya, bahwa empat besar penguasa pasar motor nasional yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki telah berinvestasi besar di Indonesia, baik investasi fasilitas produksi maupun investasi pemasaran. Apalagi mereka sudah puluhan tahun melakukannya di Indonesia. Dengan kondisi seperti ini, empat perusahaan asal Jepang tersebut jelas sudah punya fondasi yang super duper kuat sedulur. Ya jelas, mau dilihat dari sudut manapun, abot (berat) tenan rasane kalo harus bersaing dengan mereka.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk teknologi motor listrik sedulur, karena Honda, Yamaha, Kawasaki, serta Suzuki terlihat masih belum tertarik terjun di segmen ini. Tentunya hal ini bisa menjadi celah dan Indonesia melalui GESITS masih punya peluang besar untuk mencuri start maju lebih dulu dalam investasi besar untuk pengembangan motor listrik GESITS ini, baik investasi produksi maupun investasi marketing.

Solusi pencemaran lingkungan
Nah kalo ini rasanya Fantastito nggak perlu menjelaskan lagi. Ya jelaslah motor listrik sudah pasti "zero emission" alias tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari lingkungan.

Nah itulah beberapa poin penting kenapa GESITS sebagai motor listrik nasional harus bin wajib dikembangkan.

Fantastito berdoa semoga tidak ada lagi tangan-tangan kotor yang berusaha menjegal pengembangan kendaraan listrik di negeri ini demi kepentingan golongan tertentu. Kita semua sudah cukup trauma dengan kasus mobil listrik sebelumnya. Mobil listrik yang sedianya dikembangkan oleh anak bangsa melalui sosok jenius Ricky Elson, malah dianggap melakukan tindak pidana korupsi serta dipermasalahkan dengan dalih yang sangat tidak masuk akal : mobil listrik tidak lulus uji komisi emisi..!! ckckck..

Mudah-mudahan GESITS sebagai motor listrik nasional betul-betul akan terealisasi..Aamiin. Saatnya Indonesia bangkit dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri..!! (Fantastito)

0 Response to "Kenapa sih motor listrik GESITS harus dikembangkan di Indonesia..?? (Part 2/2)"