Fantastito

Marquez tercepat kualifikasi MotoGP Catalunya..!!


Sedulur sekalian, setelah beberapa kali di kesempatan sebelumnya gagal menjadi yang tercepat, akhirnya kali ini Marc Marquez kembali berhasil menyabet pole position di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya, Barcelona. Marc menorehkan waktu tercepat yakni 1 menit 43.589 detik, nyaris setengah detik lebih cepat dari Jorge Lorenzo yang nempel di posisi ke 2. Tentu saja hasil ini cukup menggembirakan buat Honda mengingat akhir-akhir ini prototipe RC213V andalan mereka sedang mengalami beberapa masalah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan raihan waktu terbaiknya 1 menit 43.589 detik, Jorge Lorenzo kali ini harus puas berada di tempat kedua. Namun setidaknya hasil ini harus disyukuri karena masih bisa mengamankan tempat start dari row terdepan. Dengan strategi langsung "ngepush" meninggalkan lawan-lawannya sejak awal plus performa yang cukup gemilang di beberapa race terakhir, peluang Jorge untuk menang di race kali ini bisa dibilang cukup terbuka lebar.

Penampilan Dani Pedrosa di sesi kualifikasi ini juga cukup bagus dengan meraih posisi ke 3, dengan catatan waktu 1 menit 44.307 detik. Hasil ini juga cukup membuat Repsol Honda bisa bernapas lega mengingat baik Marc maupun Dani tampil kurang maksimal di awal-awal sesi latihan bebas. 

Seperti biasa, Valentino Rossi kembali meraih hasil kurang memuaskan di sesi kualifikasi. Pasalnya, Vale hanya mampu meraih posisi tercepat ke 5. Entah apa penyebabnya Vale sering meraih hasil kurang maksimal saat sesi kualifikasi. Begitu juga dengan Maverick Vinales yang hanya mampu meraih posisi ke 6, di bawah Rossi. Padahal dari 4 kali sesi latihan bebas digelar, pembalap muda yang tahun depan akan gabung Yamaha Movistar tersebut meraih hasil cukup bagus, bahkan sempat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama dan ketiga.

Sedangkan kejutan kali ini datang dari pembalap Hector Barbera sedulur. Rider dari tim Avintia Racing Ducati ini sukses meraih posisi ke 4, mengungguli Rossi dan Vinales. Pencapaian Barbera memang patut diacungi jempol, pasalnya doi mesti bersusah payah melewati kualifikasi dari tahap pertama terlebih dahulu. 

Nah, pertarungan di race Catalunya nanti diharapkan bisa menyajikan balapan yang ketat dan seru. Pasalnya, layout sirkuit Catalunya di beberapa sektor baru saja dirubah. Dengan ubahan salah satu sektor sirkuit, tentunya akan sedikit merubah strategi setingan motor tiap rider. Selain itu, tentu saja rider harus menyesuaikan gaya balapan mereka dengan racing line dari sirkuit yang sudah direvisi, sehingga hasil dari balapan mungkin bisa saja diluar dugaan. 

Kalau Fantastito lihat, kemungkinan karena perubahan salah satu sektor sirkuit inilah yang menyebabkan Honda bisa tampil bagus di sesi kualifikasi. Contohnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang awalnya kesulitan di awal-awal sesi latihan bebas, namun begitu sirkuit sudah direvisi mereka akhirnya mampu mengamankan posisi start dari row pertama saat race nanti. Mungkin faktornya adalah layout sirkuit Catalunya versi revisi disinyalir cocok dengan karakter RC213V,

Perubahan desain sirkuit Catalunya sendiri dilakukan secara darurat karena alasan safety akibat insiden tragis yang menyebabkan meninggalnya salah satu pembalap berbakat Moto2 Luis Salom yang mengalami crash fatal saat menjalani latihan bebas. Di artikel ini pula Fantastito mengucapkan rasa turut berduka cita atas meninggalnya Luis Salom. Dari informasi beberapa media online, penyebab kematiannya adalah karena benturan keras antara kepala sang pembalap dengan tangki motornya sendiri saat sedang posisi jatuh di kecepatan 120 km/jam... ckckck ngilu benget ya rasanya sedulur sekalian. Semoga keluarga, kerabat, dan teman-temannya diberi kesabaran atas musibah ini.(Fantastito)

Hasil kualifikasi Q2 MotoGP Catalunya

1   Marc MARQUEZ  Repsol Honda Team
2   Jorge LORENZO  Movistar Yamaha MotoGP
3   Dani PEDROSA SPA  Repsol Honda Team
4   Hector BARBERA  Avintia Racing Ducati
5   Valentino ROSSI  Movistar Yamaha MotoGP
6   Maverick VIÑALES  Team SUZUKI ECSTAR
7   Cal CRUTCHLOW  LCR Honda
8   Andrea IANNONE  Ducati Team
9   Danilo PETRUCCI  OCTO Pramac Yakhnich
10 Andrea DOVIZIOSO  Ducati Team
11 Scott REDDING  OCTO Pramac Yakhnich
12 Pol ESPARGARO  Monster Yamaha Tech 3

0 Response to "Marquez tercepat kualifikasi MotoGP Catalunya..!!"