Fantastito

Rossi juara MotoGP Catalunya 2016, disusul Marquez ke 2... Lorenzo crash..!!


Sedulur sekalian, Rossi sukses meraih kemenangan penting di MotoGP Catalunya 2016 hari Ahad ini. Meskipun start dari posisi 5, Vale sukses mengatasi perlawanan para pembalap top Spanyol yang notabene berstatus sebagai tuan rumah, termasuk duel head to head-nya dengan Marc Marquez. Kemenangan ini sekaligus membayar lunas kegagalan di race sebelumnya gara-gara insiden mleduknya YZR M1 milik Vale akibat kegagalan kinerja komponen mesin di race Mugello yang lalu.

Sementara Marc Marquez tampil tidak mengecewakan dengan finis di belakang Valentino Rossi. Di posisi 3 ada Dani Pedrosa serta Maveric Vinales yang meraih hasil positif di posisi 4. Lalu kemana Lorenzo..?? Apeess nemen sedulur.... doi crash berbarengan dengan Iannone, sehingga keduanya terpaksa tidak dapat melanjutkan kembali balapan.

Jalannya balapan Catalunya kali ini terbilang cukup seru. Sesuai dengan perkiraan awal, perubahan layout tikungan sirkuit di T10 dan T12 membuat hasil yang cukup baik buat Honda. Untungnya, Valentino Rossi tetap tampil gemilang dengan meraih kemenangan. Di awal start seperti biasa Jorge Lorenzo langsung mengambil alih posisi pemimpin romongan terdepan dengan "ngepush" berusaha ngibrit secepat mungkin untuk menjauh dari kejaran lawan-lawannya, disusul Marquez, Pedrosa, Iannone, serta Vinales. 

Rossi yang sempat melorot ke posisi 8 saat awal start, langsung merespon dengan mengejar satu per satu lawan di depannya. Di race Catalunya ini, Rossi seperti ingin membuktikan bahwa dirinya masih belum habis. Hanya dalam beberapa lap sejak start, Rossi sudah overtake Pedrosa dan Marquez, dan terus mengintai Lorenzo di posisi terdepan. Sementara itu Vinales yang berada di pos ke 5 terus mengancam Pedrosa di depannya. Beberapa kali Pedrosa bahkan hampir di overtake Vinales. Sayangnya, Vinales kerap melebar di tikungan sehingga usahanya selalu gagal.

Di lap ke 7, Rossi akhirnya berhasil meraih posisi terdepan setelah overtake Lorenzo. Di sinilah awal kejatuhan dari Lorenzo. Entah kenapa setelah disalip Vale, Jorge seperti kehilangan performanya. Dalam beberapa lap saja, berturut-turut Jorge diovertake dengan mudah oleh para rider dibelakangnya tanpa bisa melakukan perlawanan berarti. Dimulai dari Marquez, kemudian Pedrosa, bahkan hingga Vinales akhirnya berhasil membuat Lorenzo melorot ke posisi 5. Praktis setelah Rossi meraih posisi terdepan berbarengan ngedropnya Lorenzo ke posisi 5, jalannya balapan tampak lebih stabil dengan posisi barisan terdepan adalah Rossi, Marquez, Pedrosa, Vinales, serta Lorenzo.

Tidak cukup sampai situ. Karena terus ngedrop, bahkan Andrea Iannone yang tadinya jauh sekalipun kini berhasil nempel ketat Jorge. Nah di sinilah nasib apes menghampiri Lorenzo. Pada lap 16 Iannone yang berusaha mengovertake Lorenzo di tikungan, terlihat dalam posisi yang kurang tepat dalam mengambil racing line. Alhasil, Lorenzo akhirnya ditubruk Iannone dari belakang yang mengakibatkan kedua rider ndlosor dan tak dapat melanjutkan balapan kembali. Weksss..!! Saking kesalnya Lorenzo terlihat sampai mencak-mencak. Fantastito nggak bisa banyangin betapa "mangkelnya" Lorenzo ke Iannone, apalagi mengingat posisi genting Lorenzo yang sedang dalam perburuan gelar juara dunia. Hingga artikel ini ditulis, Race Director MotoGP masih menginvestigasi insiden tersebut.

Di akhir race, Vale akhirnya berhasil memenangi balapan MotoGP Catalunya 2016, disusul Marquez ke 2 dan Pedrosa posisi 3. Performa Rossi pada balapan kali ini layak diacungi jempol sedulur. Pasalnya, hampir sepanjang balapan Rossi terus ditempel ketat Marc. Malah di 4 lap terakhir Marquez semakin mendekat dengan selisih kurang dari setengah detik. Pada duel head to head tersebut, Marquez bahkan sempat overtake Rossi di lap ke 23. Namun Rossi tetap menunjukan kelasnya dengan terus nempel Marc sampai akhirnya kembali overtake di lap berikutnya dan terus mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan...luar biasaa..!!

Di sesi victory lap, tak lupa para rider memberikan tribute khusus untuk mendiang Luis Salom, begitu juga saat selebrasi juara di podium. Rossi, Marc, dan Pedrosa memakai kaus khusus serta meniadakan sesi semprot menyemprot sampanye sebagai bentuk penghormatan untuk Luis Salom.

Nah, ada satu kejadian yang paling menarik di race kali ini yakni saat Valentino Rossi bersalaman dengan Marquez, wooow..! Mungkin ini adalah pertanda bahwa ketegangan antara keduanya sudah mulai agak mencair. Sebelumnya, Marc dan Rossi memang terlihat seperti perang dingin semenjak insiden di Sepang tahun lalu. Tentunya sikap respect dari kedua pembalap top dunia tersebut layak kita acungi jempol. Sebab di tengah atmosfer kompetisi yang panas, mereka mampu menyingkirkan ego masing-masing dan tentunya tidak mudah melakukan hal itu. Mungkin karena momen datangnya bulan puasa kali yak..??   

Dengan hasil ini meskipun hanya finish di posisi ke 2, sudah cukup buat Marc Marquez untuk mengambil alih posisi pimpinan klasemen sementara MotoGP 2016 dengan torehan 125 poin. Sementara Lorenzo yang nihil poin, posisinya melorot ke peringkat 2 klasemen dengan 115 poin. Kini Lorenzo hanya unggul 12 angka dengan Valentino Rossi yang mendapat 103 poin di posisi 3. Tentunya dengan komposisi klasemen seperti ini, maka perebutan gelar juara akan semakin ketat. Wes pokoke Fantastito ora sabar ngenteni balapan-balapan selanjutnya yang makin seru..!! (Fantastito)

0 Response to "Rossi juara MotoGP Catalunya 2016, disusul Marquez ke 2... Lorenzo crash..!!"