Fantastito

Marquez dan Rossi baikan, sebuah sikap "gentleman" yang patut dicontoh..!!


Sedulur sekalian, sebuah momen menarik tersaji pasca balapan MotoGP Ahad kemarin di sirkuit Catalunya. Yaap, sejak mulai berselisih gara-gara insiden di Sepang pada 25 Oktober 2015 lalu, untuk pertama kalinya Marc Marquez dan Valentino Rossi akhirnya berjabat tangan. Setelah race, saat para rider peraih podium sedang merayakan kemenangan dengan para kru tim masing-masing, di situlah momen unik terjadi. Berjalan menghampiri rivalnya, Rossi yang masih mengenakan helm menjulurkan tangannya pada Marc. Dengan sedikit terkejut, Marc pun merespon positif menerima uluran tangan Vale dengan sebuah jabatan tangan. Senyum pun tak lupa diumbar keduanya. Tentu saja hal ini bikin kru tim yang melihatnya terbengong-bengong. Akhirnya sedulur, perang dingin antara Marc dan Rossi resmi berakhir. Alhamdulillah...

Saat perayaan di podium pun, keduanya terlihat sudah mulai berkomunikasi. Bahkan saat sesi konferensi pers dengan media, nampak sudah tidak ada lagi hawa ketegangan. Menjawab pertanyaan dari seorang jurnalis apakah setelah balapan ini dirinya bisa memperbaiki hubungan dengan Marc, terdiam sejenak dan sedikit tertahan, Rossi menjawab singkat, "yaa". Suasana benar-benar mencair setelah Marc merespon jawaban Rossi, tersenyum menepuk pundaknya sambil berkata "Okee", yang disambut tepuk tangan dari seluruh jurnalis. Sebuah peristiwa yang tentunya membuat lega kita semua sebagai penikmat MotoGP.

Kalau sedulur sekalian selalu mengikuti perkembangan MotoGP, sedulur pasti tahu betapa panasnya tensi persaingan antara Rossi dan Lorenzo saat sedang memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2015 lalu. Awal mula ketegangan di mulai ketika Rossi secara mengejutkan menuding Marc sengaja memperlambat kecepatan motor guna menghambat dirinya saat balapan di Philip Island. Puncaknya saat Rossi "diduga" menendang Marc saat duel head to head di race Sepang Malaysia yang menyebabkan Marc ndlosor, meskipun sampai saat ini belum terbukti pasti apakah Rossi benar-benar menendang Marc atau tidak.

Praktis, sejak saat itu keduanya resmi "musuhan". Suasana perang dingin antara Marc dan Rossi sangat kental terasa saat pergelaran MotoGP musim 2016 ini. Baik saat race, konferensi pers, sampai selebrasi di Podium, keduanya terlihat tidak pernah mau saling menyapa. Jika dihitung, sudah ada sekitar 7 bulan lamanya mereka berselisih hingga akhirnya di race Catalunya Ahad lalu Rossi inisiatif melupakan segala perselisihan dengan Marquez, dengan ditandai jabatan tangan antar keduanya.

Sebenarnya, bukan masalah jabatan tangan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez yang penting, melainkan sikap gentleman dan fair play antar keduanya yang harus mendapat respek dan patut kita acungi jempol. Sebab, tidak mudah untuk menyingkirkan ego, mengalah serta inisiatif mengajak berbaikan kemudian memaafkan segala kejadian di masa lalu yang mungkin saja menimbulkan rasa dendam. Apalagi ini terjadi di sebuah ajang balapan roda dua paling elit di dunia sekelas MotoGP yang tentu saja membutuhkan sikap profesional yang tinggi dari tiap pembalapnya.

So, selamat buat Valentino Rossi dan Marc Marquez. Selain karena sudah menampilkan pertarungan berkelas yang mengagumkan di atas sirkuit, mereka juga sudah mencontohkan sikap gentleman yang patut dicontoh kita semua. Semoga hubungan baik mereka terus bertahan sampai seterusnya. Permusuhan harusnya hanya ada di atas arena olahraga, di luar itu, kita semua adalah seorang manusia yang harus menjaga hubungan baik antar sesamanya. Iya nggak sedulur..?? (Fantastito)

0 Response to "Marquez dan Rossi baikan, sebuah sikap "gentleman" yang patut dicontoh..!!"