Fantastito

Suzuki GSX150R & GSR150R harusnya lebih baik dari kompetitor


Judul di atas tidak bermaksud untuk memihak merek pabrikan tertentu sedulur, karena Fantastito bukan seorang fansboy. Faktanya Fantastito sendiri di rumah ada motor Yamaha, namun di MotoGP selalu mendukung Marc Marquez dan tidak suka jika Rossi Juara dunia lagi, hahahaha just kidding sedulur. Kembali ke tema. Kita tahu bahwa untuk segmen sport 150cc, saat ini hanya diisi oleh Yamaha dan Honda. Meskipun ada merek lain seperti Kawasaki dengan KLX150-nya, tidak Fantastito hitung karena ceruk pangsa pasarnya amat sangat kecil.

Nah di segment sport 150cc meskipun hanya ada dua pabrikan yang bermain, nyatanya diferensiasinya cukup banyak. Yamaha punya 4 senjata, yakni R15, New Vixion Advance, Xabre, dan terakhir Byson. Sedang pabrikan sayap mengepak ada CBR150R, CB150R, juga Verza. Sebenarnya masih ada MegaPro FI, hanya saja karena penjualannya tenggelam maka tidak Fantastito masukan hitungan. Jadi dengan kata lain, Suzuki punya 7 model yang harus dipilih untuk dijadikan sasaran tembak jika benar-benar ingin menggarap pasar sport 150cc.

Setidaknya New Vixion dan CB150R untuk naked bike, serta R15 dan CBR150R untuk sport fairing, bisa dijadikan acuan jika Suzuki ingin menjadikan sport 150cc mereka laku di pasaran. Apa poin kelebihan dari keempat produk kompetitor yang sudah disebutkan tadi..?? 

Pertama jelas desain sedulur. Percuma punya mesin garang tapi desain jadul. Mau pake embel-embel DOHC 6 speed sekalipun, kalo desain ala kadarnya, jangan berharap banyak. Kasus Yamaha R25 serta old CB150R sudah menjadi bukti nyata yang sahih. Yamaha R25 dengan power 35 hp yang digadang-gadang bakal menjadi sport 250cc terlaris nyatanya hingga saat ini penjualannya masih kalah jauh dibanding Ninja yang secara power masih dibawahnya. Kalo menurut Fantastito sih, selain karena faktor brand serta image Ninja yang masih sangat kuat, alasan yang lain yakni karena desain Ninja masih dianggap lebih baik ketimbang R25. 

Bagaimana dengan CB150R gen pertama..? setali tiga uang sedulur, sami mawon. Honda yang gencar mempropagandakan kelebihan mesih DOHC 6 speed, tak mampu berbuat banyak melawan New Vixion yang begitu digdaya prestasi penjualannya. Padahal lawannya saat itu (sampai sekarang) bahkan hanya menggunakan mesin SOHC 5 speed. Coba bandingkan saja desain old CB150R dengan New Vixon, menurut Fantastito (IMHO) New Vixion masih unggul. Sekali lagi di sini membuktikan faktor desain menjadi penentu mutlak.

Poin kelebihan kedua adalah fitur dan teknologi..!! Pada kemenangan New Vixion, selain desain, faktor yang menjadi pembeda adalah fitur dan teknologi yang merupakan ciri khas. Mungkin rangka deltabox serta kaki-kaki yang lebih gambot menjadi kelebihan New Vixion daripada ban cungkring dan truss frame-nya old CB150R.

Honda sendiri akhirnya membuktikan bahwa desain berpadu fitur dan teknologi canggih sangat menentukan keberhasilan sebuah sport 150cc dengan meluncurkan all new CB150R yang didesain yang jauh lebih bagus, kaki-kaki lebih gambot, serta beberapa fitur dan teknologi yang lebih baik dari lawan. Hasilnya penjualan generasi all new tersebut terbukti makin menempel ketat New Vixion.

Nah dari penjabaran point kelebihan dan kelemahan para rivalnya di atas, setidaknya bisa dijadikan acuan Suzuki guna meracik sport 150cc mereka, baik yang sport fairing maupun yang naked bike, agar lebih baik dari kompetitor. Apalagi mereka kini punya basis mesin superior DOHC 6 speed dengan klaim power tembus hingga 18 hp yang sudah teruji pada produk ayago New Satria FU injection. Sekedar info, kompetitor mereka masih bermain di kisaran angka 16,5 -17 hp. 

Jika di Satria FU sebagai ayago saja powernya sudah tembuh 18 hp, maka logis menurut Fantastito kalo sport 150cc Suzuki nanti bisa dikembangkan hingga tembus 19 hp. Karena gak mungkin dengan harga sport yang lebih mahal dari ayago tapi power mesin masih disamakan, setidaknya ada peningkatan power sebagai pembeda. Tentunya dengan keunggulan power sebesar itu yang merupakan yang terbaik di kelas 150cc saat ini, harusnya bisa menjadi bekal berharga bagi Suzuki.

Jika urusan performa Suzuki sudah yakin dengan mesin legendaris turunan FXR tersebut, maka hal selanjutnya adalah dengan memberikan fitur maupun teknologi sebagai pembeda pada sport 150cc mereka, dan tentu saja dibalut desain yang istimewa, maka Fantastito yakin sport 150cc mereka bisa lebih baik dibanding kompetitor. (Fantastito)

0 Response to "Suzuki GSX150R & GSR150R harusnya lebih baik dari kompetitor"