Fantastito

Renderan Young Machine kurang bisa dipercaya..??


Sedulur sekalian, belakangan ini jagat blog otomotif roda dua tanah air dihebohkan dengan hadirnya sebuah gambar renderan Honda all new CBR250RR 2 silinder. Seperti biasa, sumber dari gambar tersebut berasal dari Young Machine, sebuah media otomotif asal Jepang yang terkenal sering mem-publish gambar-gambar renderan calon motorsport terbaru yang penampakan sebelumnya belum bisa terdeteksi.

Seperti yang sedulur bisa lihat pada gambar di atas. Sebuah renderan Honda all new CBR250RR dari Young Machine yang bisa jadi membuat siapapun akan berdecak kagum dengan desain yang serba tajam, terlihat dari sorot full LED dual keen eyes-nya yang bengis, plus dikombinasikan dengan sektor kaki upside down di bagian depan, jelas menambah kesan gagah nan maskulin. Fantastito yakin bahwa nantinya mass production dari CBR250RR ini tidak akan beda jauh dari renderan Young Machine ini, sebab basis renderan ini sudah pasti berasal dari prototype yang memang benar-benar asli dari Honda Jepang sana. Yap, kalau prototype-nya official confirmed dari Honda Jepang, jelas bisa dijadikan referensi sahih untuk renderan. Apalagi dari sumber blog Iwanbanaran juga mengungkapkan bahwa produksi CBR250RR nantinya akan sangat mirip dengan versi prototype-nya.


Memang untuk hasil renderan CBR250RR kali ini, Young Machine bisa dipercaya, sebab jelas sumbernya dari prototype resmi Honda Jepang. Namun jika kita menengok ke belakang, sebagian besar  hasil renderan Young Machine ini sering meleset dari kenyataannya (CMIIW), atau kalau menurut opini Fantastito sih, kurang bisa dipercaya. Berikut adalah beberapa analisa dari Fantastito.


Gambar di atas adalah renderan CBR250RR Young Machine versi pertama dimana versi asli dari prototipe CBR250RR belum terungkap ke publik. Kalo Fantastito boleh beropini, renderan versi pertama ini entah kenapa dibuat secara asal (IMHO CMIIW) serta hanya penggabungan dari beberapa model motorsport yang sudah ada. Coba perhatikan dengan seksama tiap sektor dari renderan di atas. Untuk dual keen eyes, sedulur pasti sudah tau bahwa itu nyomot dari Ducati Panigale. Kemudian hampir seluruh body, mulai dari rear fender, buritan single seater, jok, tangki, fairing, mesin, sampai windshield jelas mengadopsi dari CBR1000RR SP. Nah untuk sektor kaki-kaki meliputi teleskopik, ban, velg, rem cakram, swing arm, sasis, hingga muffler adalah kepunyaan CBR650F. Jelas menurut Fantastito renderan ini hanya sebuah gabungan dari Ducati Panigale, CBR1000RR SP, serta CBR650F. 


Apakah hanya itu..? Dari penelusuran Fantastito, ada beberapa model motorsport lain hasil renderan Young Machine yang juga meleset, misalnya renderan Yamaha YZF-R25, seperti gambar di atas. Terlihat renderan hanya sebuah modifikasi dari Yamaha YZF-R6 (IMHO) yang bisa dilihat hampir pada seluruh desain bodi, serta sasis yang nyomot dari Vixion/R15. Lagipula melihat kondisi persaingan sport 250cc waktu itu, pengaplikasian swing arm banana serta upside down jelas bisa dibilang agak berlebihan. Ada juga renderan Kawasaki Ninja ZX10R model 2016 yang diprediksi Young Machine akan mengadopsi dari model Ninja H2, yang ternyata meleset jauh dari versi rilis resminya.




Artikel ini sama sekali tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan Young Machine sebagai salah satu media otomotif besar di Jepang yang karya-karya renderannya selalu ditunggu insan blogger otomotif tanah air sebagai referensi prediksi purwarupa dari sebuah new product. Namun dari hasil analisa di atas, setidaknya untuk akurasi renderan, tetap saja menurut Fantastito Young Machine kurang bisa dipercaya.

Sedangkan untuk sedulur sekalian, entah mau percaya atau tidak dengan Young Machine, pasti masing-masing punya pendapat dan analisa yang berbeda-beda, tidak masalah selama masih bisa didiskusikan dengan bijak, bisa untuk bahan sharing sehingga menambah wawasan seputar otomotif. Mohon maaf barangkali di artikel ini ada kesalahan, silakan jika sedulur pembaca ada kritik dan saran yang membangun bisa dicurahkan di kolom komentar. (Fantastito)

0 Response to "Renderan Young Machine kurang bisa dipercaya..??"