Fantastito

Ngurus plat nomor butuh 1 tahun 7 bulan..?? Ada apa dengan negeri ini..??


Sedulur sekalian pasti tidak kaget membaca judul artikel ini, atau bisa jadi merasa biasa saja kan..?? Yap, sudah menjadi rahasia umum kalau birokrasi di negeri ini terkenal ribetnya minta ampun. Pokoknya, segala sesuatu yang berurusan dengan instansi pemerintahan, termasuk instansi kepolisian kadang membuat kita geleng-geleng kepala. Mulai dari pembuatan SIM, STNK, dan segala keperluan administrasi penting lainnya.

Selama ini Fantastito sering melihat keluhan banyak biker di beberapa forum online, dan salah satunya adalah ribetnya mengurus keperluan administrasi sepeda motor di negeri ini. Nah untuk kali ini, Fantastito benar-benar mengalaminya sendiri. Ceritanya bermula saat Fantastito meminang sebuah unit New Vixion, tepatnya bulan April 2013 yang lalu.

Yang namanya keperluan adminsitrasi yang meliputi STNK, plat nomor, serta BPKB pasti harus diurus secepat mungkin agar sang kuda besi bisa segera legal dibawa ke jalanan umum. Untuk STNK sih terhitung lumayan cepat yakni 2 minggu selesai, yah walaupun hitungan 2 minggu menurut Fantastito masih dianggap lama juga. Yang parah adalah BPKB dan plat nomor. Untuk BPKB, Fantastito mesti menunggu selama setahun lebih..! Yap, setahun..! Okelah mungkin untuk BPKB lama pun tidak terlalu bermasalah kecuali jika si kuda besi akan dijual atau untuk keperluan sekolah, nah ini plat nomor yang jelas-jelas harus cepat malah molor hingga 1 tahun 7 bulan..! Sampai akhirnya Fantastito terpaksa membuat plat nomor sendiri melalui abang tukang plat nomor pinggir jalan.

Jadi selama 1 tahun 7 bulan itu pula Fantastito selalu was-was tiap kali memakai si Nevil. Walaupun sudah diberi keterangan tanda plat nomor belum jadi pada STNK, tetap saja ada potensi berurusan dengan oknum-oknum (yah sedulur sekalian sudah tau lah oknum tersebut) yang suka mencari-cari kesalahan para pengguna jalan, ckckck.. Entah Fantastito mesti bilang apa. Waktu itu memang santer terdengar bahwa pembuatan plat nomor membutuhkan waktu 6 bulan yang kabarnya disebabkan masalah pada suplai material bahan baku plat nomor. Tapi dengan molornya urusan plat nomor hingga lebih dari 1,5 tahun adalah hal yang menurut Fantastito tidak bisa ditolerir.

Entah mau sampai kapan carut marut di instansi kepolisian negeri ini akan berakhir. Namun Fantastito selalu berharap POLRI sudi mendengar keluhan kekecewaan masyarakat atas buruknya layanan dalam mengurus administrasi kendaraan, agar nantinya bisa dijadikan acuan untuk terus memperbaiki kekurangan yang ada. Btw, sedulur sekalian ada yang lebih lama ngurus plat nomornya dari Fantastito..?? (Fantastito)

0 Response to "Ngurus plat nomor butuh 1 tahun 7 bulan..?? Ada apa dengan negeri ini..??"